Gebah Corona Kembali Salurkan Donasi APD, Kali ini RSUD Tangerang

0

JAKARTA (Suara Karya): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Harian Republika kembali menyerahkan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) kepada tenaga medis mitra BPJS Kesehatan. Bantuan kali ini ke RSUD Kabupaten Tangerang.

“Bantuan ini dari hasil penggalangan dana melalui Gerakan Gotong Royong Bantu Tenaga Kesehatan Cegah Corona (Gebah Corona) yang dilakukan bersama BPJS Kesehatan, IDI dan Republika,” kata Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris saat penyerahan bantuan kepada Dirut RSUD Kabupaten Tangerang, drg Naniek Isnaini, di Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (18/4/20).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua IDI Wilayah Banten Budi Suhendar dan Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaidi.

Fachmi menjelaskan, Gebah Corona merupakan aksi penggalangan dana di masyarakat. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu penyediaan alat-alat kesehatan bagi tenaga medis agar terlindungi dari penularan corona virus disease (covid-19).

“Perlindungan itu penting agar tenaga kesehatan yang berada di lini paling depan dalam penanganan covid-19 dapat bekerja secara optimal,” ujarnya.

Ditambahkan, APD yang diberikan berupa masker medis, sarung tangan karet, baju pelindung medis lengkap dan kipas disinfektan. Nantinya bantuan itu akan diberikan kepada tenaga medis yang bertugas di lapangan.

RSUD Kabupaten Tangerang adalah salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah secara khusus untuk penanganan covid-19 di wilayah Banten. Karena itu, bantuan itu diharapkan dapat mendukung kelancaran tenaga medis dalam menjalankan tugasnya.

“Semoga apa yang kita lakukan ini bisa memberi inspirasi bagi masyarakat dan instansi lain untuk ikut bergerak dalam mendukung kerja tenaga medis merawat pasien positif covid-19,” ucapnya.

Fachmi menyebutkan, pasien positif covid-19 di Indonesia telah menembus angka lebih dari 6 ribu orang. Dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan agar para tenaga medis dapat bekerja dengan aman, nyaman dan tanpa kendala.

Fachmi menyebutkan, Program Dompet Donasi Gebah Corona masih terbuka bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi. Dananya bisa ditransfer ke PT Republika Media Mandiri melalui Bank BCA dengan nomor rekening 375.305.177-1 dan Bank Mandiri dengan nomor rekening 127.00.9090909-2.

Sementara itu, Dirut RSUD Kabupaten Tangerang drg Naniek Isnaini memberi apresiasi atas kepedulian masyarakat melalui Program Gebah Corona. Aksi penggalangan dana itu merupakan wujud nyata dari instansi dan masyarakat dalam membantu tenaga medis melawan covid-19.

“Kita tidak tahu kapan covid-19 ini akan berakhir. Karena itu, perlu komitmen, motivasi dan kebersamaan yang kuat dalam menghadapi covid-19. Kita juga harus saling menyemangati dan membekali tenaga medis dengan pengetahuan seputar covid-19 agar mereka dapat melayani secara maksimal,” katanya.

Di RSUD Kabupaten Tangerang sendiri, Naniek menambahkan, telah disiapkan gedung khusus untuk menangani ibu hamil, ibu akan bersalin, ibu dan anak, serta para karyawan dan tenaga medis di rumah sakit setempat, yang terdiagnosa positif covid-19.

“Bagi masyarakat, kami minta agar mematuhi imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai covid-19. Kami juga minta agar masyarakat tidak memberi stigma negatif pada pasien covid-19. Mari kita bersama melawan covid-19,” ucapnya menandaskan.

Fachmi menyebutkan, hingga April 2020, bantuan APD dari GEBAH Corona telah disalurkan ke 10 rumah sakit, yaitu RS Mintohardjo Jakpus, RSU Bhayangkara, RS Said Sukamto Jaktim, RS Pelni Jakbar, RSKD Duren Sawit Jaktim, RS Muhammadiyah Taman Puring Jaksel, RSUD Kabupaten Tangerang, RSUD Arjawinangun Kabuoaten Cirebon, RS PKU Muhammadiyah Surakarta, RSUD Dr Soetomo Surabaya dan RSUD Kota Bekasi. (Tri Wahyuni)