Gelar Senpedia, Polimedia Perkuat Tridharma Perguruan Tinggi

0
Direktur Polimedia Dr. Tipri Rose Kartika, M.M membuka kegiatan seminar pengabdian kepada masyarakat Senpedia di Depok, Jawa Barat, Rabu (2/11/2022). (Foto: Humas Polimedia)

JAKARTA (Suara Karya): Politeknik Negeri media Kreatif (Polimedia) menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senpedia) Tahun 2022 di Depok (02/11/2022). Kegiatan ini merupakan ajang diseminasi khusus untuk para civitas akademika yang telah melakukan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Seminar tersebut dilakukan hybrid dengan peserta luring dan daring dari 14 wilayah di Indonesia. Senpedia ini merupakan kegiatan seminar tentang pengabdian kepada masyarakat pertama yang dilakukan oleh Polimedia.

“Senpedia ini menjadi bagian penguatan tridharma, khususnya pengabdian kepada masyarakat, dan ini untuk pertama kalinya Polimedia membuka wadah diseminasi pengabdian tersebut” jelas Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika.

Pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diatur pada UU No. 14/2005 bahwa tugas dosen berkewajiban untuk melakukan tridharma yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ditambah pada UU No. 12/2012 bahwa setiap civitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Atas dasar itulah Senpedia dilakukan untuk memberikan dampak kepada masyarakat.

“Saat ini kita dorong pengabdian kepada masyarakat yang berdampak langsung baik secara keilmian maupun ekonomis” ucap Tipri.

Kegiatan yang bertemakan “Membentuk Masyarakat Kreatif untuk Indonesia Bangga” ini diawali dengan seminar yang menghadirkan Komisaris Utama Nanotech Indonesia Global, Prof. Nurul Taufiqu Rochman, Kepala UPK Perkampungan Budaya Betawi, Imron Yunus, dan Perwakilan Dinas KUMKM Provinsi Jakarta, Dwityo Agung Darpito. Ketiga narasumber tersebut memberikan sebuah gambaran bahwa pentingnya memberdayakan masyarakat saat ini, apalagi pasca pandemi yang menuntut masyarakat untuk segera bangkit secara sosial dan ekonomi.

Seminar ini diharapkan dapat andil dalam pengembangan strategis khususnya di industri kreatif dalam meningkatkan sumber daya manusia yakni masyarakat dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu juga dapat memberikan alternatif solusi pada setiap masalah yang muncul, sehingga dapat mengubahnya menjadi peluang.

“Semnas ini juga membangun strategi dan solusi atas masalah yang terjadi di masyarakat, khususnya dalam industri kreatif” jelas Ketua Senpedia 2022, Widi Sriyanto.

Usai diskusi bersama narasumber tersebut, seminar nasional dilanjutkan dengan pemaparan dari 47 pemakalah untuk melakukan diseminasi hasil pengabdian kepada masyarakatnya sepanjang tahun 2022 ini. Dari hasil seminar ini tidak hanya melahirkan solusi, namun pengembangan rencana kolaborasi yang dapat dilakukan pada tahun 2023. Hasil dari seminar tersebut akan dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional sehingga secara literasi dapat memiliki outcome yang baik. (Pramuji)