GeNose Diharapkan jadi ‘Game Changer’ Kebangkitan Pariwisata Indonesia

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) menberi alat deteksi covid-19 kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Diharapkan, alat tersebut bisa menjadi ‘game changer’ kebangkitan pariwisata di Indonesia.

“GeNose bisa digunakan untuk skrining covid-19 secara massal, karena harganya yang murah tapi akurasinya tinggi,” kata Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro usai penyerahan GeNose kepada Menparekraf/Kepala Baparekraf, Sandiaga Uno, di Jakarta, Selasa (9/2/21).

Bambang menjelaskan, GeNose diberikan ke Kemparekraf/Baparekraf karena sektor yang paling terpukul oleh pandemi covid-19 adalah pariwisata. Dan upaya pemulihan pariwisata baru bisa dilakukan setelah pandemi dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

“Dengan menggunakan GeNose C19 di lingkungan Kemparekraf, kemudian meluas ke berbagai bidang di sektor pariwisata, bukan mustahil alat tersebut menjadi ‘game changer’ untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Meski begitu, Bambang mengingatkan para pihak untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi, terutama sektor pariwisata.

Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan 34 juta lapangan pekerjaan dan sekitar 12,9 juta orang di sektor pariwisata serta 17-18 juta orang di sektor ekonomi kreatif terdampak covid-19.

Ia berharap GeNose C19 menjadi langkah awal pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. “Kita punya 6 Perguruan Tinggi Nasional Pariwisata (PTNP) dan 3 Badan Otorita yang di semua satuan kerjanya, kita pastikan menggunakan GeNose,” ucap pria yang akrab dipanggil Sandi tersebut.

Dengan demikian, lanjut Sandi, 34 juta orang yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat segera bangkit.

Hadir dalam kesempatan itu Plt Sekretaris Menteri Kemristek/Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito dan Kepala Biro Umum dan Hukum Kemparekraf Dessy Ruhati, Plt.Staf Ahli Menteri Bidang Infrastruktur/Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemristek/BRIN Ali Ghufron Mukti.

Selain itu ada Staf Khusus Menteri Bidang Pendanaan dan Investasi Kemenristek/BRIN Ekoputro Adijayanto, Ketua Konsorsium Produksi GeNose C19 Eko Fajar Nur Prasetyo serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo yang mengikuti acara secara daring. (Tri Wahyuni)