Gerakan Menang Bersama Ajak Anak Muda Gabung Demi Indonesia Bangkit!

0

JAKARTA (Suara Karya): Sejumlah anak muda yang tergabung dalam Gerakan ‘Menang Bersama’ menyatakan siap membantu pemerintah Indonesia untuk bangkit kembali pascapandemi covid-19. Gerakan tersebut fokus pada tiga hal yaitu pendidikan, kesehatan mental dan teknologi digital.

“Dunia pendidikan di Indonesia saat ini menghadapi masalah ‘learning loss’ akibat pandemi covid-19 dalam dua tahun terakhir ini. Kami coba bantu pendampingan sejumlah siswa yang ketinggalan pembelajaran,” kata salah satu kolaborator Gerakan Menang Bersama, Tita Djumaryo dalam keterangan pers, Jumat (12/11/21).

Tita adalah pendiri Ganara Art yang bergerak di bidang seni. Kolaborator lainnya yang hadir dalam acara adalah Dharmaji Suradika dari Pemimpin.id dan Direktur PT Silicon Valley Connection, Edward Setiawan.

Tita menjelaskan, Menang Bersama awalnya adalah sekumpulan anak muda yang membangun jejaring lantaram resah menghadapi kasus covid-19 di Tanah Air yang melonjak tinggi pada Juni-Juli 2021. Mereka kemudian saling gotong royong memberi bantuan mulai dari penyediaan rumah isolasi mandiri, tabung oksigen hingga pemberian obat dan vitamin.

“Proses komunikasi kami lakukan lewat teknologi, sehingga bantuan bisa cepat disalurkan. Apalagi saat terjadinya kelangkaan oksigen medis,” ujarnya.

Dharmaji menambahkan, setelah kasus covid-19 mulai melandai, jejaring Menang Bersama ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi. Sejumlah posko vaksinasi digelar supaya makin banyak penduduk yang terlindungi dari covid-19.

“Kami juga bantu kesehatan mental bagi keluarga karena ada anggota keluarganya yang meninggal karena covid-19. Proses kematian yang begitu cepat akan meninggalkan trauma bagi keluarga yang ditinggalkan,” ujarnya.

Meski kasus positif covid-19 saat ini terus menurun di Indonesia, menurut Dharmaji, kita semua tak boleh lengah. Karena ada trend menunjukkan kemungkinan terjadi gelombang ketiga pandemi covid-19.

“Karena itu, Menang Bersama meluncurkan Gerakan Menang Bersama. Semakin banyak pihak yang disadarkan tentang kemungkinan terjadi gelombang ketiga, kita semua sudah siap,” tuturnya.

Untuk membangun kesadaran itu, lanjut Dharmaji, Menang Bersama menggelar Festival Menang Bersama di Rumah Wijaya, di bilangan Blok M Jakarta Selatan pada 11-14 November 2021. Festival tersebut mempertemukan kolaborator dari berbagai inisiatif baik sekaligus merayakan kolaborasi dengan
semangat Menang Bersama.

“Kami juga buat website dengan nama Menangbersama.id untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam Gerakan Menang Bersama. Karena kalau menang sendirian itu tidak asyik, kita harus menang bersama,” tutur Dharmaji.

Tita menambahkan, ada tiga nilai yang menjadi dasar dari Gerakan Menang Bersama, yaitu koneksi, kolaborasi dan cipta bersama. Lewat festival, pihaknya juga ingin memperluas pemahaman tentang Gerakan #MenangBersama yang
digaungkan oleh Jejaring Menang Bersama.

“Ada 24 organisasi yang sudah tergabung dalam jejaring Menang Bersama. Kami masih buka kesempatan bagi kolaborator yang ingin bergabung dalam jejaring Menang Bersama, demi kemajuan Indonesia,” kata Tita menandaskan. (Tri Wahyuni)