Giwo Rubianto Kembali Terpilih Sebagai VP International Council of Women

0

JAKARTA (Suara Karya): Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo, kembali terpilih sebagai Vice President (VP)  International Council of Women (ICW) yang diselenggarakan di Avignon, Perancis pada 16 – 21Mei 2022. Kepercayaan itu, sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Giwo dalam memperjuangkan hak perempuan, kesetaraan dan keadilan gender di dunia internasional.

Menurut Giwo, sejak didirikan pada 1888 ICW tetap pada komitmennya dalam mempromosikan hak- hak perempuan, kesetaraan dan keadilan gender. Komitmen itu yang membuat Giwo tertarik untuk terus bersama-sama ICW melindungi perempuan diseluruh dunia.

“Sejak diproklamasikan hari perempuan sedunia tahun 1975, dan konferensi dunia di Beijing thn 1995, suara perempuan dan promosi secara internasional  utuk melindungi hak- hak perempuan dan bagaimana membuat perempuan di seluruh dunia merasa aman dan bahagia dimanapun mereka berada,” kata Giwo melalui siaran persnya di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, banyak ilmu pengetahuan yang bisa diambil dalam Kowani saat mengikuti kegiatan ICW ini. Karena menjadi tanggung jawab semua perempuan di seluruh dunia untuk bekerja sama, berdiskusi, serta transfer pengetahuan dari negara lain.

Lebih jauh dia mengatakan, sebagai perempuan Indonesia dirinya  menjadi bagian dunia untuk ikut andil dan berpartisipasi aktif di ICW untuk menyampaikan pada dunia bagaimana kesetaraan dan keadilan gender di Indonesia.

Belajar dari negara lain lanjut Giwo, proses dan perjuangan perempuan khususnya negara-negara yang sedang mengalami konflik, seperti Palestina, Afganistan, dan Ukraina jauh lebih berat dibandingkan Indonesia.

“Semoga perempuan Indonesia bisa menjadi agen perdamaian dunia. Karena, 50 persen penduduk dunia adalah perempuan,” ujarnya. (Bayu)