GM Susanto Berobsesi Ukir Prestasi di Kejuaraan Dunia

0

JAKARTA (Suara Karya): GM Susanto Megaranto berusaha keras untuk melewati pertandingan babak perdana dalam kejuaraan dunia catur di Khanty Mansiysk, Rusia yang akan digelar mulai 9 September hingga 4 Oktober 2019.

“Tampil perdana dibabak pertama itu merupakan langkah untuk membuka jalan selanjutnya dalam pertandingan catur dunia. Dengan sistem gugur, pecatur yang kalah harus puas kembali ke negaranya dalam waktu cepat,”ujar Susanto Megaranto di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Susanto bersyukur selama berkarir di bidang catur mendapat dukungan semangat dari PT Japfa dan PB Percasi. Dukungan cukup besar itu harus ditebus dengan prestasi seoptimal mungkin

” Saya akan berusaha tampil optimal untuk memenangkan pertandingan. Bahkan di babak pertama akan menggunakan strategi Remis. Dengan begitu angka kemenangan bisa diambil dicatur cepat,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama pihak PT Japfa yang diwakili Rahmat Indrajaya memberikan acungan jempol dalam perjalanan karir Susanto di tahun 2019. Setelah menjadi juara di kawasan zona 3.3 Asia Timur dia berhak melaju ke kejuaraan dunia.

Prestasi yang diukir di kejuaraan dunia ini katanya, dapat memperkuat tim catur menuju SEA Games ke 30 di Filipina nantinya. “Saat ini PB Percasi mempersiapkan atletnya ke SEA Games ke 30 selain kejuaraan dunia. Dengan begitu selain Susanto masih ada pecatur lain yang ditargetkan tampil di Filipina nantinya,” ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem.

Kristianus mengatakan, meski atlet catur kini belum masuk Pelatnas, namun tetap ditempa dan diberikan kepercayaan tampil diberbagai event internasional. Untuk itu PB Percasi akan melakukan tanda tangan kerjasama (MoU) secepatnya dengan pihak Menpora (pemerintah) agar mendapat bantuan dana saat melanjutkan persiapan menuju SEA Games ke 30 di Filipina Desember mendatang. (Warso)