GM Utut Adianto : 20 Negara Tampilkan Pecatur di Asian Youth Chess Championship” di Bali

0

JAKARTA (Suara Karya) : Dipastikan 400 peserta yang datang dari 20 negara tampil dalam turnamen catur terbesar bertaraf internasional “Asian Youth Chess Championship” yang akan digelar 13-22 Oktober 2022 di Grand Inna Kuta, Bali. 

“Ke 20 negara yang memastikan kirim pecaturnya diantaranya Taiwan, Malaysia, Singapura, Sri Lanka,Vietnam, Mongolia, Uzbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, Kirgystan, Myanmar, Filipina, Australia, Bangladesh, New Zealand, India dan Thailand,’tegas Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto di Gedung Museum Naskah Proklamasi Jakarta, Minggu (9/10/2022).

Utut melanjutkan, sengaja melakukan pertemuan menjelang kejuaraan Catur Asia remaja di Gedung Museum Naskah Proklamasi dengan harapan, agar tetap mengingatkan bahwa proklamasi dicatat dan diketik pertama kali di Gedung Museum Proklamasi.

Dengan harapan, para pecatur muda Indonesia yang akan tampil di event Asia kelompok Usia 8, 10, 12, 14, 16 dan 18 mengukir prestasi yang diharapkan. Karena ini peluang besar bagi pecatur junior tampil dalam event Asia yang sempat waktunya diundur sejak 2019 hingga 2022 karena masa covid – 19.

Bahkan dengan pertimbangan membersihkan serangan covid -19 agar tidak berulang kali di negaranya, pecatur China tidak tampil di event kali ini. Begitu juga saat olimpiade catur digelar di India.

Pada intinya Utut bersyukur event yang dapat menjadi momentum bagi pecatur Indonesia menghadapi pecatur tangguh dari negara lainnya bisa digelar di Bali, meski sebelumnya sempat tertunda.

“Meyakinkan peserta mau datang dan bertanding dalam situasi seperti saat ini, tidaklah mudah. Banyak yang masih ragu. Namun kami terus berusaha melakukan pendekatan yang lebih intens, dan hasilnya hampir semua negara bisa ikut ambil bagian dalam turnamen ini,”tegas Utut lagi.

Pada kesempatan yang sama Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem mengatakan, selain menggelar event catur, di Bali nanti juga diadakan pelatihan wasit dan pelatih.

Dengan harapan, muncul pelatih catur yang handal agar melahirkan bibit unggul di berbagai daerah. Begitu juga dengan wasit nasional untuk meraih sertifikat nasional.

Lebih jauh Kristianus mengatakan , atlet catur Indonesia yang akan tampil di “Asian Youth Chess Championship” kali ini berjumlah 40 atlet dari semua kategori yang dipertandingkan.

Para atlet muda itu memiliki peluang yang sama untuk mengejar tampil juara. Namun yang sangat berpeluang sekali datang dari atlet junior Bekasi yaitu Aditya Arfan dan Laysa Latvia yang turun di kategori 16 tahun. Begitu juga pecatur tuan rumah Putu Kayana Wiryawan dikategorikan 8 tahun. (Warso)