Gubernur Banten Koordinasi Dengan Pemerintah Pusat

0
Gubernur Banten siapak sejumlah rumah sakit rujukan bagi korban tsunami Seang dan Pandeglang.

BANTEN (Suara Karya) : Selain mengirimkan tim bantuan ke lokasi bencana tsunami di Kabupaten Pandeglang dan kawasan wisata Pantai Anyer di Kabupaten Serang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat. Koordinasi dilakukan dengan Kemendagri, KemenPUPR, Basarnas, BNPB, Kemensos, serta instansi terkait lainnya.

Pasca bencana yang menghantam sebagian besar kawasan wisata pantai Sabtu 22 Deesember 2018 itu, Gubernur Banten langsung mengunjungi korban terdampak. “Sejak tadi malam peristiwa (Minggu malam-red) sudah dibentuk posko di dua tempat, yaitu di Labuan dan Cinangka,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim, saat mengunjungi korban bencana tsunami di Kecamatan Jiput, Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018) siang.

Untuk menangani korban secara langsung, kata Wahidin, Tim Medis dari Pemprov Banten sudah diterjunkan bergabung dengan tim dari Kabupaten Serang dan Pandeglang. Sedangkan untuk menangani persoalan teknis, sudah juga dipersiapkan sejumlah eskavator yang oprasikan di lokasi bencana Labuan dan Anyer serta Cilegon.

“Dalam menagani percepatan pemulihan, Tim dari Pemprov Banten bergabung dengan BPBN, Tagana, SAR menuju kawasan wisata lokasi Tanjung Lesung yang cukup banyak menelan korban,” katanya.

Dia juga menyebutkan, bahwa Pemprov Banten juga telah menyiapkan rumah sakit rujukan bagi korban tsunami yang mengalami luka dan sakit. Masing-masing Rumah Sakit Banten, RS Berkah, RS Ajidarmo, RSDP Serang, RS Krakatau Medika, RS Sari Asih dan RSU Cilegon. (Wisnu)