Gubernur Jabar Minta Pemerintah Desa Optimalkan Potensinya

0
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mencanangkan program One Village One Company di kawasan wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis (20/12/2018). (Istimewa)

GARUT (Suara Karya): Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta pemerintah desa untuk mampu mengoptimalkan potensi daerahnya sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

“Desa yang memiliki potensi bentang alam yang indah harus dapat mengoptimalkan potensi itu,” kata Ridwan Kamil saat pencanangan program One Village One Company di kawasan wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis (20/12/2018).

Ia menuturkan, setiap desa memiliki keunggulan daerahnya masing-masing yang mampu berdaya saing dan memiliki nilai jual sehingga bisa ditawarkan kepada pihak luar untuk meningkatkan perekonomiam masyarakat desa.

Ia mencontohkan, seperti di Desa Sukalaksana memiliki Ekowisata Ciburial yang luas lahannya sekitar tiga hektare dilengkapi dengan fasilitas “cottage” yang pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Menurut dia, desa wisata tersebut telah berhasil mewujudkan pemberdayaan desa dengan memadukan potensi alam dan budaya lokal yang ada, sehingga memiliki daya tarik bagi wisatawan.

“Ini merupakan langkah awal untuk membuktikan bahwa desa memiliki potensi untuk lebih berdaya saing,” katanya.

Ia berharap upaya mengembangkan potensi desa dapat menyelesaikan pesoalan ketimpangan kesejahteraan masyarakat desa dengan kota sehingga pemerintah berkewajiban untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Salah satu upaya pemerintah, kata dia, dengan menerapkan program Desa Juara dengan konsep One Village One Company agar masyarakat desa tidak bekerja ke kota atau menjadi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri.

“Masyarakat di desa tak perlu mencari kerja di kota dengan One Village One Company diharapkan masyarakat bisa bekerja di desanya,” katanya. (Puruhita AH)