Suara Karya

Gubernur: Stok Pangan Papua Barat Aman Jelang Natal, Jangan Panik

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (Antara)

MANOKWARI (Suara Karya): Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan memastikan persediaan bahan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 di provinsi ini aman.

“Masyarakat jangan panik lalu belanja melampaui kebutuhan. Belanja sewajarnya saja supaya stok tetap tersedia dan harga stabil,” imbau Gubernur di Manokwari, Kamis.

Dominggus menjelaskan pemerintah daerah saat ini sedang berupaya menjaga agar pertumbuhan ekonomi dan inflasi tetap stabil di tengah pandemi COVID-19.

“Kita berharap perekonomian Papua Barat diakhir tahun 2020 ada pertumbuhan. Disisi lain inflasi terjaga stabil,” ucap gubernur.

Sejak awal pandemi Pemprov pun telah memantau ketersedian serta harga kebutuhan pokok. Hingga saat ini stok pangan di seluruh daerah Papua Barat cukup aman.

“Menjelang Hari Raya Idul Fitri lalu operasi pasar ditingkatkan tujuannya memastikan agar tidak ada kelangkaan. Terbukti saat itu semua barang tersedia dan menjelang Natal ini pun demikian semua bahan pangan kebutuhan kita aman, jadi tidak perlu panik,” katanya.

Mengantisipasi dampak pandemi terhadap ekonomi, Pemprov Papua Barat mengalokasikan sebagian APBD tahun 2020 untuk program bantuan ekonomi dan jaring pengaman sosial (JPS) bagi masyarakat.

“Bantuan tahap pertama sudah terealisasi 100 persen. Tahap kedua sekarang sedang berlangsung dan nanti akan ada tahap ketiga,” ucap Mandacan.

Menjelang Natal Gubernur mengajak masyarakat menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing.

“Kalau Kamtibmas terjaga aktivitas ekonomi masyarakat tidak terganggu dan pemerintah pun bisa membangun,” demikian Dominggus Mandacan. (Antara)

Related posts