Gubernur Targetkan Seluruh Daerah di Jabar Terhubung Jalan Tol

0
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (Ist)

SUKABUMI (Suara Karya): Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan seluruh daerah di Jabar terhubung dengan jalan tol, baik jalur utara maupun selatan untuk mendongkrak pendapatan dan ekonomi masyarakat.

“Kita sudah komitmen untuk melakukan pembangunan mega proyek terkait perhubungan untuk melayani transportasi agar mempermudah akses warga yang ingin keluar kota,” katanya di Sukabumi.

Menurutnya, pihaknya tentu berkoordinasi dengan pemerintah pusat khususnya Presiden RI Joko Widodo agar mempercepat pembangunan jalan tol. Nantinya jika ada warga dari Jakarta yang ingin ke Bandung bisa melalui Cipularang atau melalui Tol Bocimi-Bandung.

Sehingga jika ingin mudik dari Jakarta bisa melalui Tol Cipularang atau Tol Bocimi-Bandung yang saat ini tol penghubung Sukabumi dengan Bogor ini tengah dikebut pengerjaannya.

Selanjutnya dari Bandung bisa dilanjut melalui Tol Cigatas yakni Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Cilacap. Sehingga warga priangan timur yang ingin mudik ke wilayah Jawa Tengah tidak bisa memilih jalur yang ingin dilaluinya baik melalui Nagrek atau Cigatas.

“Jadi Jabar dalam lima tahun jalan tol bertambah, jalur kereta kita kebut pengerjaannya, lokasi pariwisata di mana-mana ditambah pelabuhan dan bandara,” tambahnya.

Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan tidak hanya pelayanan perhubungan saja, tetapi pihaknya juga meningkatkan pelayanan publik 3.0 (proaktif). Seluruh pihak harus semangat dan mendukung agar proses ini berjalan lancar.

Dia memaparkan visi pemerintahannya adalah Jabar Juara Lahir Batin. Kenapa harus juara lahir dan batinnya yakni agar seimbang, sebab jika hanya mengurus dunia saja tanpa religi maka tingkat stresnya tinggi seperti warga Amerika Serikat yang merupakan negara adidaya dan maju, tetapi rakyatnya tidak mengimbangi dengan religi sehingga banyak yang stres. (Puruhita AH)