Gunakan Adat Betawi, Mendikbudristek Pimpin Upacara HUT ke-77 RI

0

JAKARTA (Suara Karya): Menggunakan pakaian adat Betawi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 di halaman Kemdikbudristek, Senayan, Jakarta, Rabu (17/8/22).

Mendikbudristek dalam pidatonya mengajak seluruh masyarakat Indonesia, terutama pelaku pendidikan untuk melanjutkan gotong royong mewujudkan Merdeka Belajar.

Peserta upacara yang hadir adalah 11 orang perwakilan dari setiap unit utama di lingkungan Kemdikbudristek. Mereka juga mengenakan pakaian adat, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Pejabat eselon I yang hadir juga dengan kemeriahan yang sama. Sekretaris Jenderal (Sesjen), Suharti mengenakan pakaian adat Jambi, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril dengan pakaian adat Nusa Tenggara Timur (NTT), Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati berpakaian adat Bali, Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid memakai pakaian adat Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara itu, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo berpakaian adat Palembang, Kepala Badan Pengembangan dan Perlindungan Bahasa (BPPB), Endang Aminudin Aziz berpakaian adat Melayu, dan Inspektur Jenderal, Chatarina Muliana Girsang memakai kebaya nasional.

Dalam kesempatan itu, Mendikburistek menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30, 20, dan 10 tahun kepada 3.308 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemdikbudristek.

Penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30 tahun diberikan secara simbolik kepada Sesjen Suharti dan Kepala Badan Bahasa, Endang Aminudin Aziz. Penghargaan Satya Lancana Karya Satya 20 tahun diberikan kepada pegawai BSKAP, Kosasih Ali Abu Bakar dan Idwin Irma Krisna.

Untuk Satya Lancana Karya Satya 10 tahun diterima pegawai di bawah Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Efrini dan Fathurrahman.

Pada bagian akhir, Sesjen Kemendikbudristek Suharti menyerahkan Arsip Statis kepada Deputi Bidang Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar. Arsip statis yang diserahkan terdiri dari 121 nomor arsip produk hukum dari tahun 1947 hingga 2014.

Selain itu ada satu nomor arsip Laporan Keuangan Kementerian, 3 nomor arsip Berita Acara Serah Terima Jabatan Mendikbud dari tahun 2004 sampai tahun 2016. Serta dua nomor arsip Surat Edaran (SE) dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengenai penganana Covid-19 tahun 2020 dan 2021.

Menutup rangkaian upacara, tim orkestra SMK Musik Perguruan Cikini Jakarta dengan konduktor Adi Saputra menyanyikan 3 lagu secara berturut-turut yaitu Lagu Hari Merdeka, Lagu Opio, dan Lagu Yamko Rambe Yamko medley dengan Lagu Maumere. (Tri Wahyuni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here