Hadapi Varian Baru Covid-19, Pentingnya Jaga Imun dan Pola Tidur!

0

JAKARTA (Suara Karya): Salah satu kunci dalam menghadapi varian baru covid-19, Omicron adalah menjaga imunitas tubuh dan pola tidur yang sehat.

Namun, sayangnya sebagian orang yang memiliki kebiasaan tidur hingga larut malam. Ada beragam alasan, mulai dari tuntutan pekerjaan, terlalu asyik menonton serial favorit atau sekadar ‘scrolling’ media sosial.

Startup penyedia layanan kesehatan digital, SehatQ membagi kiat sehat bagi mereka yang kesulitan menjaga pola tidur di masa pandemi. Pertama, mulailah membangun kebiasaan baru untuk membuat ‘body clock’ yang teratur.

“Jika kamu sering melakukan aktivitas sampai lupa waktu, inilah saatnya untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut,” kata Chief Communication Officer (CCO) SehatQ, Andrew Sulistya secara daring, Senin (21/2/22).

Ditambahkan, membiarkan tubuh bekerja secara terus menerus dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental. Mulai sekarang, lakukan aktivitas secara terjadwal agar tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup guna mengembalikan energi yang terpakai sebelumnya.

Selain itu, bisa memilih jajanan yang lebih sehat agar tidur lebih nyenyak. Hindari jajanan dengan kandungan gula tinggi yang berpotensi menghambat tubuh dalam membangun pola tidur yang sehat. Apalagi jika jajanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan.

“Menu berbahan dasar ikan, kacang-kacangan, susu dan olahannya, termasuk teh berbahan dasar kamomil dapat menjadi opsi agar kualitas tidur semakin meningkat dan terjaga,” ucap Andrew Sulistya.

Upaya lainnya adalah meningkatkan aktivitas fisik dengan kegiatan olahraga.
Jika belum terbiasa melakukan secara rutin, mulailah dari olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah, tanpa memerlukan alat berat seperti gerakan squat, wall seat, plank, hingga push up.

“Lakukan olahraga setidaknya 30 menit selama 5 hari setiap minggunya untuk kesehatan, sekaligus memperbaiki pola tidurmu,” katanya.

Menutup rangkaian olahraga dengan sesi meditasi yang bisa diakses secara gratis dari platform-platform digital. Jika hal itu dilakukan secara rutin, maka tubuh akan terasa lebih segar dan lambat laun pola tidur juga semakin teratur.

Jika masih kesulitan tidur, Andrew menyarankan untuk konsultasi ke dokter.
Meski terkesan sepele, nyatanya jam tidur merupakan salah satu hal krusial yang harus diperhatikan di tengah pandemi.

“Sebagai penyedia layanan kesehatan yang bermitra dengan Kementerian Kesehatan (Kemkes), SehatQ memiliki beragam informasi, layanan dan produk kesehatan. Satu diantaranya, layanan telekonsultasi yang bida menjawab kebutuhan masyarakat seputar masalah kesehatan, termasuk bagaimana menjaga imunitas dan pola tidur,” ujarnya

Agar lebih hemat, Andrew menambahkan, SehatQ bekerja sama ShopeePay memberi ‘cashback’ hingga 100 persen melalui kampanye ShopeePay Super Online Deals jika menggunakan metode pembayaran ShopeePay. Kampanye tersebut berlaku pada 15-21 Februari ini.

“SehatQ memiliki dokter terpercaya dan ahli dalam spesialisasinya, sehingga layanan konsultasi secara online ini terus mendapat kepercayaan masyarakat. Supaya pengalaman konsultasi dokter online makin nyaman, jangan lupa gunakan metode pembayaran dengan
ShopeePay,” kata Andrew menandaskan. (Tri Wahyuni)