Suara Karya

Harga Emas Turun, Dolar dan Saham Lanjutkan Penguatan

Illustrasi: Emas batangan dan dolar Amerika Serikat (rt.com)

CHICAGO (Suara Karya): Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), tertekan penguatan dolar AS dan kenaikan di pasar ekuitas.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari, turun 9,70 dolar AS atau 0,75 persen, menjadi menetap pada 1.282,60 dolar AS per ons.

Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak lebih dari satu persen di tengah meningkatnya harapan untuk lebih banyak kemajuan dalam perundingan perdagangan antara Amerika Serikat dan China. Indeks S&P 500 dan Nasdaq juga naik secara signifikan pada perdagangan Jumat (18/1/2019).

Ketika ekuitas membukukan keuntungan, logam mulia biasanya turun, karena investor tidak perlu mencari aset-aset safe haven, seperti emas.

Sementara itu, indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, naik sekitar 0,3 persen pada siang hari. Ketika dolar AS naik, itu membuat emas yang dihargai dalam dolar AS kurang menarik bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret turun 13,7 sen AS atau 0,88 persen, menjadi ditutup pada 15,399 dolar AS per ons. Platinum untuk pengiriman April turun 10,2 dolar AS atau 1,26 persen, menjadi 802,10 dolar AS per ons. (Bobby MZ)

Related posts