Hasil Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi KPI, TVRI Kembali Teruji dengan Kuasai Peringkat Teratas

0

JAKARTA (Suara Karya) : Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno bangga Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) kembali terbukti menguasai lima dari delapan kategori program siaran hasil riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode II Tahun 2021 yang diselenggarakan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Menurutnya, riset ini melibatkan informan ahli dengan perbandingan 54% jenis kelamin perempuan dan laki-laki 46% yang memiliki latar pendidikan beragam, dari lulusan S1 hingga S3. Hasil riset tersebut menyajikan gambaran indeks kualitas program siaran televisi dengan delapan kategori program yang ditayangkan di 15 stasiun televisi pada rentang waktu Juni – Agustus 2021.

“Riset ini merupakan hasil kerjasama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dengan 12 Perguruan Tinggi di Indonesia, “kata Iman Brotoseno melalui siaran tertulisnya, kemarin.

Dari delapan  kategori yang diriset oleh KPI, lima program telah memenuhi standar KPI yaitu 3.00, dengan indeks tertinggi untuk kategori program Wisata Budaya dengan nilai rata-rata sebesar 3.62. Sementara  keempat kategori lainnya adalah Program Berita, Anak, Religi serta Talkshow. Adapun tiga kategori program dengan indeks terendah yaitu, program Variety Show dengan nilai 2.92, Infotainment sebesar 2.62 dan Sinetron dengan 2.59.

TVRI katanya, menduduki nilai teratas dalam kategori program berita dengan nilai indeks 3.54, disusul oleh Kompas TV dan Metro TV pada peringkat kedua dan ketiga dengan  perolehan 3.43 dan 3.30. Untuk kategori Talkshow, TVRI memperoleh nilai indeks 3.59 yang diikuti oleh RTV dan Metro TV dengan nilai 3.57 serta 3.51.

Dalam kategori program anak paparnya, TVRI memperoleh nilai sebanyak 3.78, menyusul MNC TV dengan 3.63 serta Trans 7 dengan 3.59. Untuk program Religi, TVRI mendapat nilai 3.68, kemudian RTV dengan 3.57 dan Metro TV 3.54. Sedangkan nilai indeks tertinggi yang diraih oleh TVRI adalah pada program Wisata Budaya dengan membukukan nilai 3.81, kemudian Metro TV dan Trans 7 sebanyak 3.47.

Lebih jauh, Iman Brotoseno menegaskan bahwa peranan TVRI sebagai lembaga penyiaran publik tak akan terhenti sampai disini. “Pencapaian ini akan terus dijaga, dipupuk dan ditingkatkan. TVRI akan selalu konsekuen dalam memberikan tontonan yang layak serta hiburan sehat yang sarat akan nilai-nilai pendidikan serta kebangsaan sesuai dengan amanat PP 13 tahun 2005 pasal 4” ujarnya.

TVRI juga akan terus menjalankan perannya sebagai clearing house (rumah penjernih) yang menjadi sumber informasi terpercaya bagi masyarakat, dan hasil riset indeks kualitas program siaran televisi yang dilakukan oleh KPI ini menjadi penegas hal tersebut.

TVRI terus konsisten hadir memberikan tayangan-tayangan yang mengajarkan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. TVRI juga menunjukkan kepedulian yang tinggi atas kepentingan anak dengan menghadirkan program-program ramah anak.

Selain itu, penghormatan atas perbedaan dan keragaman budaya juga menjadi nilai yang membuat TVRI hadir sebagai cerminan wajah Indonesia. TVRI juga semakin mempertegas langkahnya sebagai personifikasi Indonesia yang selaras dengan visi dan misi untuk menjadi lembaga penyiaran kelas dunia. (Warso)