Hebitren: Pondok Pesantren Kontribusi 10% Terhadap PDB Nasional

0

JAKARTA (Suara Karya): Sekretaris Jenderal Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Indonesia,  Reza Pahlevi Bakhtiar mengungkapkan bahwa pondok pesantren bisa berkontribusi besar untuk perekonomian nasional.

“Saya optimis, kedepan perputaran bisnis di lingkungan pesantren bisa menyumbangkan pajak domestik bruto (PDB) hingga 10%,” kata Reza kepada wartawan di Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Dia mengungkapkan, saat ini terdapat 500 pesantren sudah tergabung di dalam Hebitren Indonesia dan seluruhnya menjalankan bisnis pesantren. Mulai dari sektor pertanian, peternakan, perikanan, bahkan hingga sektor keuangan digital juga sedang digarap para santri dan guru di sana.

“Jadi, pondok pesantren bukan hanya mencari ilmu agama. Saat ini semua sudah berkembang, kearah kemandirian ekonomi yang tentunya berbasis syariah,” ujarnya.

Menurut Reza, pihaknya terus mengembangkan bisnis pada seluruh pondok pesantren yang menjadi anggota Hebitren. Karena, fundamental sosial, agama, dan ekonomi di pesantren itu sudah sangat kuat, termasuk jaringan.

“Jadi, sekarang tinggal mengarahkan dan menguatkan bisnisnya agar bisa terus tumbuh,” ujarnya. (Bayu)

</span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;>