Hidayat Humaid : Kebanggaan Pelatih, Manajer dan Pengurus Olahraga saat Menyaksikan Atletnya Tampil Juara

0
Hidayat Humaid, Dosen Pasca Sarjana UNJ. (Suarakarya.co.id/ist)

JAKARTA (Suara Karya) : Mendengar nama Dr. Hidayat Humaid, M,Pd, Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat olahraga DKI Jakarta. Dosen Pasca Sarjana dan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini sebagian besar hidupnya mengabdi bagi kemajuan olahraga di DKI Jakarta khususnya dan di Indonesia umumnya. 

Hidayat Humaid yang kini menjabat Wakil Ketua Umum II KONI DKI Jakarta, memiliki cita-cita mulai saat menjadi pelatih dan pengurus olahraga yaitu selalu ingin melahirkan atlet handal dari DKI Jakarta menggapai prestasi nasional di Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga menuju prestasi ASEAN (SEA Games), Asia (Asian Games) dan dunia yaitu Olimpiade.

Melalui prestasi nasional kata Hidayat seorang atlet bisa mengibarkan bendera DKI Jakarta seperti di Kejurnas dan PON. Sedang ditingkat internasional, atlet bisa mengibarkan bendera Merah – Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di pentas SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

“Dalam dunia olahraga tak ada yang bisa membuat bangga pelatih, manajer dan pengurus selain menyaksikan atletnya tampil sebagai juara, baik di PON, SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade,”jelas Hidayat Humaid yang dilahirkan di Sukabumi, Jabar 10 Oktober 1963 itu.

Sejak terjun dalam dunia olahraga awal mulanya menekuni bidang kepelatihan. Upaya membagikan ilmu dan menyalurkan bakatnya pada para atlet binaanya Hidayat Humaid menjadi Pelatih Fisik Panahan Olimpiade Atlanta 1996. Selanjutnya Pelatih fisik Tim Nasional Bola Basket Putri SEA Games 2003 dan Pelatih Fisik Tim Bola Basket Satria Muda tahun 2004. Dilanjutkan menjadi Pelatih Fisik Tim Bola Basket Maha Putri 2005 serta Pelatih fisik Tim Nasional Bola Basket Putra menuju SEA Games 2005.

Selanjutnya di tahun yang sama 2005 juga sebagai Pelatih fisik Tim Sepak Takraw SEA Games. Dan di tahun 2006 sebagai Pelatih Fisik Tim Bola Basket Stadium Kobatama 2006, serta Pelatih Fisik Tim Bola Basket Indonesia Muda IBL. 2007.

Sedang dicabang atletik Hidayat Humaid memegang lisensi sebagai Pelatih Atletik Tingkat Internasional Level I IAAF sekaligus sebagai Penatar Pelatih Atletik Tingkat Internasional Level I IAAF. Selanjutnya di tahun 2010 bertindak sebagai Pelatih Fisik Tim Bola Basket Pelita Jaya.

Memiliki segudang pengalaman di dunia kepelatihan, Hidayat juga aktif dalam organisasi olahraga. Pada tahun 1996 dipilih menjadi Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP Perpani, Selanjutnya sebagai Wakil Ketua Bidang Litbang KONI Provinsi DKI tahun 1998.

Pada tahun yang sama 1998 ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Dayung Seluruh Indonesia. Dan tahun 2003 menjadi Wakil Ketua Bidang Organisasi PP PERPANI. Selanjutnya tahun 2004 menjadi Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Provinsi DKI Jakarta.

Begitu juga di tahun 2004 sebagai Sekretaris Umum Pengda PERPANI DKI, Sedang menjadi Komisi Pelatihan KONI DKI Jakarta tahun 2009. Selanjutnya pada tahun 2010-2013 menjadi Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Provinsi DKI Jakarta dan tahun 2013 – 2017 menjadi Wakil Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta. Tahun 2015-2018 menjadi Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia Provinsi DKI Jakarta. Adapun pada tahun 2018-2021 menjadi Wakil Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta hingga berkahir masa jabatannya per Maret 2022.

Hidayat Humaid dapat restu dari keluarga dan jajaran pengurus olahraga DKI Jakarta. (suarakarya.co.id/ist)

Siap Pimpin KONI DKI Jakarta

Memiliki segudang pengalaman, baik sebagai operator langsung dilapangan (pelatih) dan didalam organisasi sebagai penggerak olahraga, tampaknya sudah layak bagi Hidayat Humaid menjadi Ketua KONI DKI Jakarta melalui Musyorda DKI Jakarta yang rencananya akan digelar 27 Maret dimajukan ke 12 Maret 2022 mendatang.

Melalui kedekatan dan kecintaan dalam dunia olahraga, tidak berlebihan ketika mendaftar sebagai calon ketua KONI DKI Jakarta ratusan insan olahraga mendampingi untuk menyerahkan surat persyatan administrasi ke Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) KONI DKI Jakarta, Jumat (11/2/2022).

Seusai menyerahkan surat persyaratan sebagai calon Ketua KONI DKI Jakarta Hidayat Humaid mengatakan, siap bekerjasama dan merangkul semua Pengprov yang menjadi naungannya nantinya.

Menjadi Ketua KONI DKI periode 2022-2026 sudah selayaknya dimiliki Hidayat Humaid. Karena selama hidupnya dibhaktikan dalam dunia olahraga. Bahkan
pendidikan yang ditempuh berkecimpung dalam dunia olahraga pula.

Adapun perjalanan pendidikan Hidayat Humaid, putra ketiga dari tiga bersaudara pasangan Bapak H.M. Muchlis dan ibu H. Atikah ini, menyelesaikan pendidikan formal di SD Negeri Ibu Jenab II Kab. Cianjur (1976), SMP Negeri 1 kab. Cianjur (1980), dan SGO Negeri kab Cianjur (1983).

Karena cintanya dalam dunia olahraga, tidak tanggung-tanggung di tahun 1983 melanjutkan pendidikan pada program Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Jakarta) dan selesai tahun 1987.

Pada tahun 1995 berkesempatan meneruskan kuliah pada program Magister (S2) Pendidikan Olahraga di Program Pascasarjana IKIP Jakarta (PPs IKIP Jakarta) dan selesai pada tahun 1998. Dalam tahun yang sama melanjutkan kuliah pada program studi Pendidikan Olahraga program Doktoral (S3) di Program Pascasarjana IKIP Jakarta (PPs IKIP Jakarta).

Upaya melanjutkan dan membagikan ilmu keolahragaan Hidayat Humaid terjun langsung sebagai Staf Pengajar tetap di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta sejak tahun 1988, Ketua Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta tahun 2008-2011.

Karena cintanya dalam dunia olahraga Hidayat Humaid menyandang Prestasi akademik ketika terpilih sebagai Wisudawan terbaik Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Jakarta (1987).

Semua prestasi dibidang olahraga dan akademik baik sebagai pelatih dan pengurus olahraga tidak terlepas dukungan istri yaitu Karen Frances wattimena yang dinikahi tahun 1990 dan dikaruniai tiga orang anak yaitu Cathy Anggraini, Ghazi Satriando Humaid Junior dan Nabitha Pusparani Karunia.

“Saya bangga menekuni dunia olahraga sejak sekolah, kuliah bahkan sebagai profesi menggapai cita-cita baik dalam dunia pekerjaan maupun meningkatkan prestasi atlet nasional. Semua itu tidak terlepas dukungan kedua orangtua, istri dan ketiga anak hingga seperti sekarang ini menjadi Wakil Ketua KONI DKI Jakarta serta Dosen Pasca Sarjana dan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ),”tegas Hidayat Humaid lagi. (Warso)