Indonesia Kebagian satu Medali Emas, Vietnam dan India Mendominasi Catur Cepat

0

JAKARTA (Suara Karya) : Para pecatur Vietnam dan India masih merajai jalannya nomor Catur Cepat (Rapid Chess) yang dipertandingkan dengan sistem Swiss 7 babak di Asian Youth Chess Championships (AYCC) 2022.

Pertandingan yang dimulai pukul 13.00 hingga 20.00 WITA ini memang menjadi pertarungan yang cukup menguras tenaga dan pikiran para peserta. Tak heran bila para pemenangnya adalah mereka yang sudah punya jam terbang tinggi dalam berkompetisi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia AYCC 2022, dr Dwi Hatmisari Akbarukmi (Poeng), “Bertanding catur non-stop semacam ini membutuhkan stamina dan daya juang yang kuat untuk meraih kemenangan, ” ujarnya. Karenanya para pecatur Vietnam dan India ini memang dikenal memiliki mental baja sehingga kerap berhasil mendominasi.

“AYCC ini diselenggarakan untuk menambah jam terbang para atlet catur Indonesia, terutama anak-anak (usia 8, 10, dan 12). Agar mereka terbiasa dan tidak gentar menghadapi lawan dari luar negeri,” kata dr. Dwi melalui keterangan tertulisnya.

Vietnam menempati urutan teratas di Catur Cepat (Perorangan dan Beregu) dengan perolehan medali, 14 Emas, 7 Perak, dan 4 Perunggu. India menempati urutan ke dua dengan perolehan 7 Emas, 3 Perak, dan 5 Perunggu. Sementara Indonesia di urutan ke 3 dengan 1 Emas, 4 Perak, dan 5 Perunggu.

*Medali emas Catur Cepat bagi Indonesia diperoleh dari Open Rapid kelompok U 18*

Sementara itu, dr Poeng berharap, di nomor Catur Standar dan Catur Kilat, para pemain junior Indonesia bisa memperoleh hasil lebih baik.

Penyerahan medali untuk Catur Cepat AYCC 2022 , dilakukan pada 16 Oktober 2022, khusus bagi kelompok putri. Sementara bagi pemenang kelompok terbuka (Rapid Team Open) medali akan dibagikan pada hari ini, Senin 17 Okober 2022. (Warso)