Indonesia Raih 44 Emas di Asean University Games Myanmar

0

JAKARTA (Suara Karya): Mahasiswa Indonesia berhasil meraih 44 medali emas, 39 perak dan 30 perunggu dalam kompetisi olahraga bertajuk “Asean University Games” di kota Naypyidaw, Myanmar, pada 7-19 Desember 2018.

“Prestasi ini sungguh membanggakan. Karena Indonesia berada di peringkat kedua, setelah Thailand,” kata Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ismunandar saat menyambut kedatangan 50 atlet mahasiswa di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (20/12).

Dijelaskan, kompetisi Asean University Games (AUG) yang digelar untuk ke-19 kalinya itu diikuti sebanyak 2078 atlet mahasiswa, pelatih dan manager dari negara-negara anggota Asean. Ajang dua tahunan itu diselenggarakan anggota Dewan Olahraga Universitas Asean (Asean University Sports Council/AUSC).

“Kegiatan itu bertujuan untuk promosi solidaritas Asean, kekompakan pada generasi muda negara-negara Asean melalui kompetisi olahraga di perguruan tinggi,” ucapnya seraya berharap prestasi Indonesia bisa ditingkatkan jadi nomor 1 pada AUG ke-20 mendatang.

Ismunandar menambahkan, AUG juga memberi kesempatan bagi atlet di perguruan tinggi untuk mengukur bakat olahraga mereka di kawasan Asean. Selain memberi interaksi dengan mahasiswa lainnya dalam pertukaran budaya negara-negara Asean.

Disebutkan, ada 17 cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain atletik, panahan, bola basket, renang, bola voli, catur, karate, dayung, wushu, vovinum, badminton dan sepak takraw. Terjadi 201 kompetisi, yang memperebutkan 1897 medali dengan rincian 587 emas, 587 perak dan 723 perunggu.

“Indonesia sendiri mengirim 50 atlet mahasiswa yang bertanding pada 13 cabang olahraga,” kata Ismunandar seraya menambahkan atlet yang dikirim adalah para juara dari acara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2017. (Tri Wahyuni)