Ini Rahasia Aruna Tingkatkan Kesejahteraan Nelayannya!

0

JAKARTA (Suara Karya): Berkat teknologi yang dikembangkan Aruna, hidup nelayan semakin sejahtera. Pendapatan mereka bahkan naik hingga 10 kali lipat dibanding sebelumnya.

Seperti dikemukakan nelayan Aruna dari Bangkalan, Muridon. Penghasilannya meningkat sejak bergabung dengan Aruna. Karena hasil tangkapannya di jual ke luar negeri dengan harga mahal.

“Aruna membantu saya dalam banyak hal. Saya bahkan bisa menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi dari pendapatan yang diperoleh dari Aruna,” tuturnya.

Muridon merupakan satu dari 40 ribu nelayan Indonesia yang kini bergabung dalam Aruna. Angka itu diharapkan terus bertambah seiring target bisnis jangka panjang Aruna dalam mewujudkan misi perusahaan untuk menyejahterakan nelayan Indonesia.

Co-Founder dan Chief Sustainability Aruna, Utari Octavianty di Jakarta, Jumat (5/11/22) menjelaskan, kesejahteraan nelayan bisa tercapai berkat teknologi. Caranya, lewat kontak langsung nelayan skala kecil ke pasar global yang dilakukan Aruna.

“Nelayan merupakan salah satu komunitas terpenting dalam rantai bisnis berkelanjutan. Karena itu operasi bisnis Aruna fokus pada nelayan, dengan memberi nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ucap Utari.

Selain itu, pada pertengahan Juni 2022, Aruna berhasil memfasilitasi dua orang nelayan Aruna di Desa Mola, Wakatobi-Sulawesi Tenggara untuk mendapat sertifikat pemberdayaan tanah di atas laut dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Sejalan dengan fokus Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKP) yang gencar membahas Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA), Aruna akan mengambil peran untuk hal ini,” kata Utari.

Program kartu KUSUKA ditujukan kepada nelayan, petambak, pembudidaya dan pelaku usaha perikanan lainnya. Kartu tersebut memberi banyak kemudahan kepada melayan, seperti akses pembiayaan kredit usaha rakyat, pengajuan bantuan, sekaligus menjadi tanda pengenal bagi nelayan itu sendiri.

“Aruna akan terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk mewujudkan Ekonomi Biru yang menjadikan kesejahteraan nelayan sebagai spirit utama poros maritim dunia,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Utari, Aruna hadir di desa-desa pesisir di Indonesia lewat program pemberdayaan nelayan. Selain memastikan ketersediaan pasar yang berkelanjutan baik domestik maupun ekspor.

Aruna juga memastikan nelayan terproteksi dengan kepemilikan KUSUKA dan BP Jamsostek bagi nelayan yang tergabung bersama Aruna.

“Kami menangkap positif inisiatif yang dilakykan pemerintah. Dan t kami akan ambil bagian didalamnya. Saya menilai, KUSUKA pastinya akan memberi banyak manfaat bagi nelayan, khususnya untuk nelayan Aruna,” tuturnya.

Ditambahkan, Aruna akan siap membantu dan terlibat dalam mengupayakan nelayan Aruna untuk mendapat KUSUKA tersebut.
(Tri Wahyuni)