Inilah Daftar 27 Kampus Penerima Dana Program UMKM Indonesia Bangkit

0
Menteri/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. (Suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengumumkan nama 27 perguruan tinggi (kampus) penerima dana Program UMKM Indonesia Bangkit. Dana yang digelontorkan mencapai Rp2,7 miliar untuk 29 proposal penelitian.

“Program ini dibuat untuk meningkatkan ekonomi produktif di kalangan UMKM, tetapi harus mengedepankan teknologi informasi berbasis data base di era revolusi industri 4.0,” kata Menteri/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro dalam acara yang digelar secara virtual, Senin (14/9/20).

Hadir dalam kesempatan itu, Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Muhammad Dimyati.

Bambang menjelaskan, perguruan tinggi dilibatkan dalam pemberdayaan ekonomi produktif lewat inovasi yang bersifat ‘less contact economy’ dan memanfaatkan teknologi informasi berbasis database. Dengan demikian, UKM (Usaha Kecil, Menengah dan Mikro) dapat menjalankan bisnisnya lebih baik lagi.

“Nantinya, UMKM bisa membawa teknologi atau usaha yang berbasis teknologi ke pasar. Upaya itu dapat dilakukan melalui ‘market platform’ atau kegiatan bisnis biasa,” ujarnya.

Disebutkan, 27 perguruan tinggi penerima hibah, terdiri dari 14 PTN dan 13 PTS. Untuk Politeknik Negeri Jember dan Universitas Widyagama dapat dana untuk dua proposal. Sementara perguruan tinggi lainnya masing-masing untuk satu proposal.

Ke-25 perguruan tinggi itu adalah Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Subang, Politeknik Negeri Tanah Laut, Universitas Diponegoro, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Lampung, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Tidar, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Udayana, Politeknik Negeri Ambon dan Institut Teknologi Nasional Malang.

Selain itu, masih ada Politeknik Harapan Bersama, Politeknik Katolik Saint Paul Sorong, Universitas Muhammadiyah Lampung, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Amikom Purwokerto, Universitas Bali Internasional, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Universitas Pertanian Stiper Yogyakarta, Universitas PGRI Banyuwangi dan Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Bambang memaparkan, ada 3.716 judul proposal yang mendaftar. Dari jumlah itu, sebanyak 1068 proposal lolos administrasi untuk dilakukan seleksi substansi. Akhirnya terpilih 29 judul proposal sebagai pemenang.

Lingkup implementasi adalah UMKM dan Koperasi, di antaranya pembinaan kelompok, pengembangan sentra, permodalan, manajerial, proses produksi, dan pemasaran. (Tri Wahyuni)