MUKTAMAR II IPEMI 2020
IPEMI Kembali Refleksikan Berkontribusi Dukung Pembangunan Nasional

0

JAKARTA (Suara Karya): Muktamar II IPEMI dilakukan secara virtual pada tanggal 2 Desember 2020. Acara 5 tahunan ini menjadi momentum bagi para pengusaha muslimah untuk kembali merefleksikan kontribusi yang telah diberikan dalam mendukung pembangunan nasional. Tema yang diusung pada Muktamar II kali ini ialah “Menggerakkan Ekonomi Keumatan yang Menginspirasi Peradaban Negeri“. Hadir Menteri Koperasi dan UKM , Bapak Drs. Teten Masduki sebagai Keynote Speaker dan secara resmi membuka Acara Muktamar II IPEMI.

Menteri Koperasi dan UKM menyampaikan apresiasi setinggi- tingginya kepada IPEMI karena dengan umur yang masih cukup muda, 5 tahun, sudah secara nyata berkontribusi dengan berbagai program kerja yang sejalan dengan visi pembangunan bangsa, khususnya dalam meningkatkan skala entrepreneur nasional yang hingga saat ini masih di angka 3,47%.

Peran serta eksistensi IPEMI sudah menyebar ke seluruh penjuru negeri. Hingga Muktamar II IPEMI dilaksanakan, struktur kepengurusan IPEMI telah dibentuk di 34 provinsi, 340 kabupaten/kota, 600 Kecamatan dan desa serta 14 perwakilan luar negeri, diantaranya Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Turki, USA, Arab Saudi, Jepang, Rusia, India, Australia, Belgia, Korea Selatan, Inggris dan Yunani.

Menteri Koperasi dan UKM juga menyampaikan bahwa sinergi yang sudah dibangun oleh IPEMI dengan Pemerintah serta Stakeholder lainnya perlu ditindaklanjuti agar tercipta kemitraan strategis dalam merumuskan program- program kerja lainnya sehingga kebermanfaataannya dapat dirasakan secara luas oleh seluruh anggota IPEMI yang hingga saat ini sudah berjumlah kurang lebih 5 juta orang yang mayoritasnya merupakan pengusaha dan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Secara penuh, Kementerian Koperasi dan UKM akan secara penuh mendukung IPEMI dan siap untuk bersinergi.

Pada Muktamar II IPEMI kali ini, Ketua Umum periode tahun 2015-2020, Ingrid Kansil kembali terpilih menjadi Ketua Umum IPEMI periode 2020-2025 secara aklamasi. Kiprah Ingrid Kansil selama periode 5 tahun memimpin IPEMI dinilai telah berhasil membangun IPEMI sejak berdiri pada tahun 2015 hingga hari ini dengan menciptakan berbagai terobosan program kerja yang kontributif sehingga IPEMI menjadi satu-satunya organisasi pengusaha muslimah terbesar di Indonesia yang mendapatkan Rekor MURI dengan program “Tebar Mukena IPEMI”. Bentuk kontribusi nyata IPEMI bukan hanya di bidang ekonomi dan pembangunan nasional, namun juga dalam berbagai kegiatan sosial yang menginspirasi banyak pihak.

Setelah kembali terpilih sebagai Ketua Umum IPEMI periode tahun 2020-2025, Ingrid Kansil menyampaikan kesanggupan dan komitmennya untuk membangun IPEMI 5 tahun kedepan. Ingrid menyampaikan bahwa akan ada ”9 Program Umum IPEMI 2020- 2025”. 9 program umum tersebut akan menjadi arah pergerakan organisasi selama 5 tahun mendatang. Adapun ”9 Program Umum IPEMI 2020-2025” sebagai berikut :

  1. Membina dan memperluas struktur organisasI
  1. Modernisasi IPEMI menuju smart-organisation
  1. Meningkatkan program Khidmah
  1. Mencetak Enterpreneur Muslimah unggul yang berakhlahul kharimah
  2. Memperkuat komunikasi yang efektif dengan seluruh stakeholder
  3. Mendukung konsep ekonomi syariah
  1. Anugerah penghargaan perempuAn inspirasi Indonesia penghargaan secara international
  2. Penguatan Aklakhul kharimah
  1. Mengembangkan alternatif usaha di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan

Pelantikan Ketua Umum IPEMI periode 2020-205 dipimpin langsung oleh Pembina IPEMI, ibu Nurhayati Subakat yang merupakan sosok pengusaha muslimah yang sukses membangun Brand kosmetik Wardah yang sekarang telah berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 12.000 karyawan. Saat in brand Wardah telah menjadi salah satu kosmetik halal yang direkomendasikan oleh berbagai pihak dengan consumer terbanyak di Indonesia. (Andara Yuni)