Ir Eka Putra Wirya Bangga GM Utut Adianto Masuk Kandidat Presiden FIDE Zona 3.3 ASEAN

0

JAKARTA (Suara Karya) : Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (PB Percasi) Ir Eka Putra Wirya menyambut baik dan bangga, Ketua Umum PB PERCASI GM Utut Adianto lolos sebagai kandidat Presiden FIDE Zona 3.3, ASEAN.

“Dengan lolosnya Utut sebagai satu-satunya kandidat yang diterima FIDE sebagai Presiden Zona 3.3 ASEAN membuka peluang Indonesia lebih memajukan prestasi olahraga catur ditingkat internasional,”tegas Eka di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, Utut layak menjadi Presiden Catur dikawasan ASEAN dilihat dari latar belakangnya sebagai pecatur handal yang menjadi juara Olimpiade. Selain itu Utut kini menjadi Ketua Umum PB Percasi dengan waktu yang cukup yaitu dua periode. Dengan begitu sudah banyak mengalami manis pahitnya menjadi pecatur hingga meraih GM Super.

Sebagai Presiden Zona 3.3 ASEAN, katanya, Utut cukup berpengaruh dalam membawahi dunia catur di kawasan
Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand Vietnam plus Timor Leste dan Taiwan, Hong Kong, Jepang, Makau, Mongolia, serta Korea Selatan.

Utut diterima sebagai kandidat Presiden Zona 3.3 ASEAN bersamaan dengan
berlangsungnya Olimpiade Catur yang setiap dua tahun sekali digelar FIDE. Selain itu di Chennai, India tanggal 27 Juli sampai 10 Agustus 2022 menjadi agenda sangat penting karena juga dilakukan pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026.

Peresmiannya akan dilaksanakan di Kongres FIDE sesi Pemilihan Presiden Semua Zona, Chennai India, pada tanggal 5 Agustus 2022. Sedang GM Utut Adianto menyampaikan bahwa kesempatan dan kepercayaan yang diberikan tersebut akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk memajukan catur di kawasan Zona 3.3.

Sementara pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026 akan berlangsung tanggal 7 Agustus 2022 pada sesi Rapat Majelis Umum seluruh anggota FIDE yang berjumlah 180 negara.

Utut dalam kesempatan itu juga meminta Do’a dan dukungan semangat dari insan catur khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan harapan, jabatan sebagai Presiden FIDE 3.3 ASEAN nantinya dapat dijadikan amanah dalam meningkatkan prestasi atlet catur Indonesia khususnya dan di kawasan ASEAN umumnya. (Warso)