Ir Eka Putra Wirya Berikan Apresiasi PB Percasi Aktif Menurunkan Atletnya di Olimpiade Catur ke 44 di India

0

JAKARTA (Suara Karya) : Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (PB Percasi) Ir. Eka Putra Wirya memberikan acungan jempol pada jajaran pengurus catur kepemimpinan GM Utut Adianto yang aktif mengirim atletnya tampil dipentas dunia seperti Olimpiade Catur ke 44 di India.

“Kejuaraan catur bergengsi di India yang akan digelar 26 Juli hingga 10 Agustus 2022 dapat dijadikan tolak ukur kepiawaian pecatur nasional selama berlatih dan tampil di kejuaraan internasional lainnya,”ujar Eka di Jakarta, kemarin.

Untuk itu Eka sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi pada jajaran pengurus PB Percasi yang terus memacu prestasi para atletnya untuk tampil di event bergengsi setingkat Olimpiade.

Adapun para pecatur yang diturunkan di Olimpiade catur di India adalah, GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priamoro, FM Agus Kurniawan, IM Mohamad Ervan dan IM Yosep Taher untuk putra.

Sedangkan, tim putri diwakili WGM Irine Kharisma Sukandar, WGM Media Aulia, Fariha Mariroh, dan WIM Dewi Anastasia Citra. Untuk memberikan semangat pada atlet catur tampil di Olimpiade catur ke 44 di India, langsung dilepas Ketua Umum PB Percasi, Senin (25/07/2022).

Pada kesempatan itu Utut berharap para pecatur nasional dapat memperbaiki peringkat Timnas Catur Indonesia, baik di kelompok putra maupun putri.

“Bermainlah dengan sepenuh jiwa raga, karena kalian membawa nama Indonesia. Kami bangga bila kalian dapat memperbaiki peringkat,” ujar Utut.

Saat ini, perJuli 2022, tim catur putra Indonesia berada di peringkat ke-57 dari 155 negara anggota FIDE (Federation Internationale des Echecs) atau Federasi Catur Dunia, sedangkan tim putri berada di urutan ke-32 Dari 111 negara. Perlu diketahui, peringkat bagi tiap tim/negara, didapatkan berdasarkan rata-rata elo rating catur standar (yang diaminkan) dari 10 pemain aktif dengan rating tertinggi di tiap kelompok (putra/putri)

Kesembilan atlet yang akan berlaga tersebut didampingi manajer tim (Kristianus Liem), kapten tim putra (Rudijanto Majela), kapten tim putri (Lisa Lumondong) serta dua orang pelatih yaitu Ruslan Shcerbakov dan Andrei Kovalev, serta satu orang pendamping Sean Winshand Cuhendi. Sehingga keseluruhan kontingen Indonesia yang berangkat ke Chennai berjumlah 15 orang.

Sebagai tuan rumah Olimpiade Catur 2022, India memang dikenal sebagai tempat lahirnya banyak pecatur handal. Satu di antaranya adalah juara dunia lima kali Viswanathan Anan. Bahkan saat ini India tercatat sebagai negara dengan pemain catur terbanyak, sehingga boleh dibilang, masa depan catur dunia terdapat di sana. (Warso)