Ir. Eka Putra Wirya Bersyukur GM Utut Adianto Terpilih Secara Aklamasi Jadi Presiden FIDE Zona 3.3 Asia

0

JAKARTA (Suara Karya) : Tak ada kata lain yang terucap, kecuali puji bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa, GM Utut Adianto dipercaya secara aklamasi oleh negara – negara kawasan Asia serta Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Taiwan menjadi Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3, tegas Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (PB Percasi) Ir Eka Putra Wirya.

Dengan terpilihnya Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 Asia merupakan suatu kehormatan atas kepercayaan yang diberikan untuk memajukan olahraga catur dikawasan Asia.

“Saya optimis pengalaman sebagai atlet dan Ketua Umum PB Percasi dengan waktu 2 periode Utut mampu mengemban amanah yang sudah diberikan dalam meningkatkan olahraga catur, bukan saja di Indonesia tapi meningkat dikawasan Asia,”jelas Eka Putra Wirya di Jakarta, kemarin.

Eka berharap, kedepannya Indonesia khususnya dan Asia pada umumnya memiliki wakil yang tangguh untuk memperjuangkan cabang catur dipertandingkan disetiap multi event, baik SEA Games, Asian Games maupun Olimpiade. Kendati cabang olahraga catur memiliki Olimpiade tersendiri.

Sementara GM Utut sendiri setelah terpilih menjadi Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia di Chennai, India, Jumat (5/8) mengharapkan, dapat mempersatukan masyarakat catur yang berada di kawasan ASEAN dan Timur Jauh.

“Melalui persatuan tersebut diharapkan dapat memajukan prestasi atlet dan menjadi kekuatan yang tangguh dalam memperjuangkan catur selalu dipertandingkan dipentas multi event ASEAN dan Asia. Bahkan mencapai puncak multi event dunia,”tegas Utut yang juga anggota DPR RI itu.

Utut mengakui, prestasi atlet catur di Zona 3.3 banyak yang tangguh. Dengan begitu, meningkatkan prestasi melalui atlet yang sudah berkualitas tinggal melakukan pengarahan saja. Dengan begitu katanya, melahirkan pecatur handal dikawasan Asia menuju pentas dunia bisa ditingkatkan lagi dalam segi kwalitas dan kwantitasnya.  (Warso)