Ir. Eka Putra Wirya : Museum Catur Diharapkan Berikan Inspirasi dan Edukasi

0

JAKARTA (Suara Karya) : Upaya memberikan inspirasi dan edukasi pada generasi muda dan masyarakat, Dewan Pembina PB Percasi, Ir. Eka Putra Wirya mewujudkan impiannya membangun Museum Catur di kawasan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi, Jawa Barat.

“Adanya Museum Catur diharapkan memberilan pengetahuan pada generasi muda untuk mengetahui lebih mendalam. Karena olahraga tidak cukup menggunakan keahlian saja, namun perlu didukung dengan Science, ” Tegas Eka saat meletakkan batu pembangunan gedung Museum di SCUA Bekasi, Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Bahkan masyarakat akan mengetahui perjuangan Utut mulai awal belajar catur hingga meraih gelar GM Super pertama kali. Dari situlah tercetus pemikiran untuk membangun Museum Catur.

Eka juga mengingat kata-kata Utut, Indonesia harus melahirkan bintang, bila hendak dikenal para pecatur nya. Bahkan yang menjadi bintang adalah Utut sendiri ketika tampil meraih medali emas di Olimpiade dengan elorating melebihi 2.700.

Upaya melahirkan pecatur bintang melalui jalur sekolah, kini catur masuk sekolah BPK Penabur yang setiap tahunnya menggelar festival catur nasional baik lewat online maupun offline.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto mengatakan, tidak semua orang mempunyai tekat yang besar untuk membantu dan mengembangkan olahraga catur.

Semua itu dituntut rasa cinta dan pengabdian, dari situ pula maka berdirilah Museum Catur. Bahkan semua itu diawali berdirinya SCUA yang sudah berusia 30 tahun lebih.

Dengan tema Akur membaur dengan catur, Museum catur dapat membawa manfaat dan menginspirasi pada masyarakat luas. Sementara Koleksi Museum catur, isinya cerita unik, menarik, berkesan dan inspirasi yang harus dibangun bersama.

Bahkan ia bersyukur dengan kunjungan pemerintah Moscow, akhirnya siap mendukung Museum catur. Begitu juga dengan foto – foto pecatur juara dunia. (Warso)