ITS Raih Juara Umum Gemastik 2021

0

JAKARTA (Suara Karya): Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meraih juara umum dalam kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2021 yang digelar di Bandung pada 4-7 Oktober.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan Universitas Telkom tersebut, ITS meraih 2 medali emas, 2 perak, 5 perunggu dan 4 ‘honorable mention’.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Nizam, dalam sambutan penutupan, Kamis (7/10/21) mengatakan, Gemastik menjadi ajang pembuktian mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas dan suguhan kreasi penguasaan TIK dan persahabatan antar perguruan tinggi.

“Lewat Gemastik, mahasiswa bisa belajar motivasi diri untuk berprestasi, belajar mengimplementasikan pengetahuan di bidang TIK. Ini kesempatan mahasiswa untuk terlibat dalam ‘project base learning’ dengan mitra industri,” tutur Nizam.

Sebagai informasi, Universitas Telkom dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Gemastik XIV yang memfasilitasi 3.164 tim pada 11 divisi lomba, 2 ekshibisi ‘e-Sport’ serta kompetisi poster dimana sebaran tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Total ada 10 perguruan tinggi kelompok peraih medali terbanyak yaitu ITS, Intstitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Telkom (Tel-U), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Pelita Harapan (UPH), Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Syiah Kuala, Universitas Mataram dan Universitas Indonesia (UI).

Diawali divisi lomba pemrograman, yang mana juara 1 diraih tim Proof by Clarification dari Binus, Juara 2 tim Ayaka Sayu Venti dari UI, Juara 3 tim Semoga Dapat Akun dari ITB dan Juara Harapan tim Dolanan Wae dari UI.

Untuk divisi lomba keamanan siber, sebagai juara 1 tim Average kuliah online enjoyer dari ITS, Juara 2 tim Anonymous dari Universitas Gunadarma, Juara 3 tim Amikom Dewpweeb dari Universitas Amikom Yogyakarta dan Juara Harapan tim Terlantarkan dari Binus.

Divisi lomba penambangan data, sebagai juara 1 tim ILY dari ITB, Juara 2 tim Pratama Azmi dari Universitas Telkom, Juara 3 tim Nasigoreng dari ITB, Juara harapan tim Signal dari ITS dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ tim Onet v.2 dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Untuk divisi lomba desain pengalaman pengguna (UX Design), Juara 1 tim Neo-Future dari Universitas Pelita Harapan Medan, Juara 2 tim Parama dari Universitas Gadjah Mada, Juara 3 tim DPP-C-Kelompok 7 dari ITS, Juara Harapan diraih tim Ketidur-AN dari UI dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ tim Twinless Twin dari Binus.

Divisi lomba animasi, Juara 1 tim BAM dari ITB, Juara 2 tim Langdali dari Universitas Telkom, Juara III tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta, Juara Harapan diraih tim Arutala dari ITS dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ oleh tim Dulasawr Twin v.2 dari Universitas Budi Luhur.

Divisi lomba kota cerdas, sebagai Juara I tim PhantomV dari lTS, Juara II tim Go Go HAF dari ITS, Juara III tim Lembuswana dari ITS, Juara Harapan oleh tim Smart Future dari Universitas Telkom dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ oleh tim Axton dari Universitas Islam Indonesia.

Kemudian divisi lomba karya tulis ilmiah TIK, sebagai Juara 1 tim Mawapres Tegeng dari Universitas Mataram, Juara 2 tim Ganesha_KTI01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara 3 tim Agrotek UG dari Universitas Gunadarma, Juara Harapan tim AmiComTech2021 dari Universitas Amikom Yogyakarta dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ oleh tim Hygieia dari Universitas Negeri Surabaya.

Selanjutnya divisi lomba pengembangan perangkat lunak, sebagai Juara 1 tim 1611016110004 dari Universitas Lambung Mangkurat, Juara 2 tim Sehat dari ITS, Juara 3 tim Triple A dari Universitas Telkom, Juara Harapan tim Calon Bunda dari UI dan penghargaan “The Most Inspiring’ oleh tim SoftTech dari Universitas Teknologi Indonesia.

Divisi lomba piranti cerdas, sistem benam & IoT, sebagai Juara 1 tim AFA Team dari Universitas Syiah Kuala, Juara 2 tim Analog PCR dari Politeknik Caltex, Juara 3 tim ALIVE dari ITS, Juara Harapan diraih tim Reagtifity dari ITS dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ Tim Start Hunters dari Universitas Negeri Makassar.

Divisi lomba pengembangan aplikasi permainan, sebagai Juara 1 tim Yakut dari ITT Purwokerto, Juara 2 tim Ganesha-Game01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara 3 tim Apaya dari ITS dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ oleh tim Hako dev dari Universitas Pamulang.

Kemudian divisi lomba pengembangan bisnis TIK, Juara 1 tim Aipet dari Universitas Telkom, Juara 2 Cle Bleue dari UI, Juara III Han Ji-Pyeong dari ITS, Juara Harapan tim Guardians dari ITS dan penghargaan ‘The Most Inspiring’ oleh tim FIPMO Fish Pond Monitoring dari Universitas Brawijaya.

Adapun untuk lomba ekshibisi ‘e-Sport’ yang merupakan kategori tambahan di tahap final, Juara 1 tim PCR_Squad dari Politeknik Caltex Riau, Juara 2 tim Unsoed Sobat dari Universitas Jenderal Soedirman dan Juara 3 tim Tel-U Clutch dari Universitas Telkom.

Selain itu hasil kompetisi poster, sebagai Juara 1 tim Guardians dari ITS, Juara 2 tim Techify dari Universitas Jember, Juara 3 tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta dan Juara Harapan diraih tim Gravis Indonesia dari Universitas Telkom. (Tri Wahyuni)