Jadi Panelis Debat Capres, Bambang Widjojanto Diragukan Netralitasnya

0
Bambang Widjojanto

JAKARTA (Suara Karya): Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, telah menyepakati delapan nama panelis debat perdana calon presiden dan wakil presiden 2019. Delapan orang ini, merupakan gabungan dari nama yang diusulkan KPU sebanyak empat orang dan dua orang dari masing-masing pasangan calon.

Delapan panelis tersebut, adalah pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana, mantan Ketua MA Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, akademisi Bivitri Susanti, Ketua Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo, mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto, pakar hukum Tata Negara Margarito Kamis, dan unsur pimpinan KPK yang namanya masih dikonfirmasi.

KPU bersama TKN dan BPN juga sudah menyepakati mantan penyiar berita Liputan 6 SCTV Ira Koesno dan jurnalis senior di TVRI Imam Priyono menjadi moderator debat pertama.

Namun peneliti Forum Masyarakat Pemerhati Parlemen Indonesia (Formappi)
Lucius Karus mengkritisi adanya figur panelis yang diragukan netralitasnya. Dia menujuk nama Bambang Widjojanto yang dalam Pilgub lalu sebagai tim sukses Anis-Sandi.

“Sesungguhnya tim pemenangan bebas mengusulkan figur untuk menjadi panelis debat. Namun KPU tetap punya kewenangan untuk memutuskan panelis yang dijamin integritas dan netralitasnya,” ujar Lucius,

Tim pemenangan mempunyai tanggung jawab untuk menjadikan debat sebagai sesuatu yang serius untuk membedah visi, misi dan program masing-masing jagoan mereka.

“Tapi jangan kemudian justru mengusulkan figur yang bakal menggerogoti misi debat itu karena integritas dan netralitas panelis yang tidak ‘clear’ dari isu-isu yang mengganggu konsentrasi paslon,” katanya.

“Bukan soal suka atau tidak suka BW, tetapi bagaimana mendukung penyelenggaraan debat yang berkualitas. Debat sebagai ajang pendalaman visi dan misi capres-cawapres, jangan sampai terganggu justru oleh kontroversi panelis,” kata dia lagi.

Sebagaimana diketahui, debat pertama capres-cawapres akan diselenggarakan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta. Debat pertama merupakan debat capres dan cawapres dengan tema terkait hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Sementara media penyelenggara debat perdana adalah TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV. (Gan)