JaKreatiFest 2022, Bentuk Komitmen BI Jakarta Angkat UMKM

0

JAKARTA (Suara Karya): Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan DKI Jakarta, terus menunjukan komitmennya untuk mengangkat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa “naik kelas”. Sejalan dengan itu, BI Jakarta menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Sarinah, Otoritas Jasa Keuangan, dan perbankan nasional untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran acara JaKreatiFest pada 16-18 Juni 2022 di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat.

“Kami memboyong ratusan pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia, ke Jakarta. Jadi, pada kesempatan ini, mereka harus menunjukan kalau produk yang dijual berkualitas dan mampu bersaing di pasar lokal maupun ekspor,” kata Kepala Perwakilan BI Jakarta Onny Widjanarko kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Menurut Onny, pertumbuhan ekonomi nasional yang terus membaik serta perekonomian DKI Jakarta yang juga menunjukkan perbaikan setelah dihantam pandemi Covid-19 sejak 2 tahun lalu. Aktivitas ekonomi diperkirakan akan terus membaik seiring dengan keberhasilan penanganan Covid-19.

Lebih lanjut Onny mengungkapkan, Gelaran JaKreatiFest ini juga sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia yaitu (Recover Together, Recover Stonger). Di tengah momentum pemulihan ekonomi nasional, maka dibutuhkan upaya strategis yang mensinergikan berbagai mitra untuk menjaga dan mendorong optimisme terhadap pelaku-pelaku ekonomi, termasuk mempersiapkan peningkatan daya saing UMKM di tengah era digital saat ini.

Menurutnya, JaKreatiFest ini merupakan salah satu afirmasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong UMKM adalah dalam bentuk realisasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia  dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI-BWI).

“Tema JaKreatiFest tahun ini ‘Jakarta Punya Inovasi, Bersama Perkuat Pemulihan Ekonomi’ dan tagline-nya  ‘Kreatif, Inovatif, Inspiratif’,” kata Onny.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Karya Kreatif Indonesia yang sudah dilaksanakan pada bulan Mei lalu. Adapun tujuan dari diselenggarakan kegiatan tersebut untuk memperkuat sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam memajukan UMKM melalui strategi penguatan hilirisasi produk-produk unggulan dan perluasan akses keuangan digital.

Pada kesempatan yang sama, Sementara itu Vice Presiden Specialty Store Ritel PT Sarinah Irawati Endarwati, mengatakan kalau pihaknya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam gelaran JaKReatiFest 2022 ini. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sarinah mempunyai visi dan misi untuk mendukung dan menumbuh kembangkan UMKM agar bisa naik kelas.

Bukan hanya KUR lanjut Irawati, produk UMKM Indonesia bukan hanya bisa dijajakan pada pasar lokal saja, melainkan bisa go internasional. “Kami sendiri percaya, dengan adanya JaKreatiFest bukan hanya kegiatan biasa kami bisa menjdi hulunya dimana kami bisa memberikan tempat,” ujarnya.

Dengan demikian, nantinya semua sudah siap dan tinggal menggaungkan kegiatan ini. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak agar bisa memakai produk Indonesia. “Yang pasti Sarinah bukan hanya bertransformasi pada gedung saja, melainkan seluruh sumber daya manusia (SDM) dipugar untuk menjalankan sistem yang lebih maju dan modern setiap waktu. (Bayu)