JAPFA Chess Festival Dibuka Plt Sesmenpora, GM Susanto Atraksi Catur Kilat

0

JAKARTA (Suara Karya) : Semangat Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto pantang “Kendur” meski cabang catur tidak dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2013 mendatang. Upaya membuktikan semua itu, dengan menggelar JAPFA Chess Festival ke 12 mulai 10 hingga 14 September 2022 di Gedung Serba Guna, Senayan Jakarta.

“Tim catur Indonesia menyumbang 3 medali emas 4 perak dan 2 perunggu di SEA Games Vietnam 2022. Namun karena di Kamboja tidak dipertandingkan, maka para pecatur tampil di berbagai event internasional yaitu di Olimpiade catur dan turun pula di JAPFA Chess Festival yang diikuti 520 peserta dari 25 Provinsi di Tanah Air,”tegas GM Utut Adianto seusai pembukaan JAPFA Chess Festival ke 12 .

Kejuaraan Catur yang dibuka
Plt Sesmenpora Jonni Mardizal diawali dengan atraksi pertarungan catur kilat antara GM Susanto Megaranto lawan GM Darwin Layo dari Filipina. Dalam pertarungan itu Susanto yang megang buah putih tidak menemui kesulitan menggulingkan raja hitam pecatur Filipina dengan waktu singkat.

Atas kemenangan GM Susanto dengan waktu dibawah 5 menit itu membuktikan ketangguhan pecatur Indonesia cukup disegani lawan dan harus mendapat perhatian pemerintah, meski kini tidak dipertandingkan di SEA Games Kamboja.

“Perhatian pemerintah diberikan pada pecatur ketika mempersiapkan tampil di SEA Games, sedang untuk Kejuaraan lainnya PB Percasi bekerja sama dengan pihak swasta seperti JAPFA yang sudah 24 tahun mendukung pembinaan catur di Indonesia, ” tegas Utut Adianto yang juga Wakil Ketua Komisi I DPR RI itu.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya bersyukur peserta Festival Catur kali ini cukup padat. Dengan mempertandingkan 12 kategori tentunya memiliki persaingan ketat untuk meraih tampuk juara.

Semua itu ditampilkan IM Mohammad Ervan saat menghadapi pecatur asal Filipina GM Darwin Layo. Begitu pula di putri pertandingan internasional IM Medina Warda Aulia melawan WGM Gong Qianyum dari Singapura.

Adapun Plt Sesmenpora Jonni Mardizal yang mewakili Menpora Zainuddin Amali mengucapkan Terima kasih pada JAPFA yang sudah bekerjasama dan membantu PB Percasi dengan waktu cukup panjang sekitar 24 tahun.

“Kesetiaan JAPFA bekerjasama dengan PB Percasi dalam waktu yang panjang patut diberikan acungan jempol dan dapat diikuti perusahaan lainnya. Dengan harapan dunia olahraga cepat berkembang pesat mengukir prestasi puncak, ” tambah Jonni. (Warso)