JAPFA Christmas Cup XII Diikuti 373 Pecatur dari 21 Provinsi

0

JAKARTA (Suara Karya) : Alhamdulillah, Turnamen Catur Cepat JAPFA Christmas Cup yang digelar 17 – 18 Desember 2022 diikuti 373 pecatur datang dari 21 Provinsi dari seluruh Indonesia.

Adapun pertandingan pembuka IM Tirta Chandra menang lawan Adeeba Azha (peraih medali emas, perak dan perunggu AYYC). Pertandingan Catur cepat yang disaksikan Utut Adianto, perwakilan KONI Pusat dan Menpora berjalan cukup sengit antar pecatur senior lawan junior.

Utut bersyukur, setelah era pandemi Covid – 19 kejuaraan Catur Cepat JAPFA Chrismas Cup ke 12 dapat digelar kembali. “Kami mengucapkan Terima kasih pada JAPFA setia memberikan dukungan selama 23 tahun lebih untuk perkembangan prestasi atlet Catur, “Jelas GM Utut Adianto di Auditorium Kemenpora, Senayan Jakarta, Sabtu (17/12/2022).

Utut berharap kedepannya PT JAPFA memberikan dukungan pada pertandingan Catur klasik. Karena prestasi Catur klasik Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara maju lainnya.

Dia mengakui kejuaraan Catur cepat mampu mengasah prestasi atlet Catur nasional. Namun alangkah baiknya bila event yang digelar lebih banyak di Catur klasik. Karena dipertandingkan di SEA Games, Asian Games dan Olimpiade Catur.

Utut melanjutkan, perkembangan prestasi Catur seharusnya original tidak bisa melalui Medsos. Karena semua prestasi harus melalui pertandingan nyata yang hasilnya bisa langsung dievaluasi.

Perkembangan prestasi Catur tidak bisa lewat Medsos seperti IG, WA maupun Fecebook. Dengan begitu perkembangan prestasi Catur nyata, bukan hanya ramai di internet atau media sosial.

Pada kesempatan terpisah, Agus Mulyono wakil dari JAPFA mengakui pertandingan klasik waktunya lebih panjang. Sementara pertandingan Catur cepat untuk merayakan diujung tahun 2022.

“Hal itu yang menjadi pertimbangan JAPFA bekerjasama dengan PB Percasi menggelar pertandingan Catur cepat. Dengan harapan, waktunya simpel sebagai pemanasan atlet menghadapi event – event di tahun 2023,” tambahnya. (Warso)