Jelang Idul Fitri, Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos!

0

JAKARTA (Suara Karya): Jelang Idulfitri 1443 H, pemerintah mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos). Seperti disampaikan Presiden Joko Widodo, penyaluran bansos berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng langsung dirapel tiga bulan dari April-Mei yang dibayarkan pada April.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau penyaluran bansos di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (16/4/22).

Sebagai informasi, bansos yang dipercepat penyalurannya adalah BPNT sebesar Rp600 ribu atau Rp200 ribu per bulan, dan BLT Minyak Goreng senilai Rp300 ribu atau Rp100 ribu per bulan. Penyaluran dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Muhadjir Effendy menjelaskan alasan percepatan distribusi bansos hingga tiga bulan untuk menunjang perekonomian masyarakat jelang hari raya. Dengan demikian, masyarakat yang mengalami kejutan inflasi tak mengalami konstraksi yang berlebihan.

Didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Menko PMK berdialog dengan warga yang mengantre pembagian bansos. Beberapa warga mengaku telah terdaftar dalam skema bansos PKH, BPNT dan BLT Minyak Goreng.

Muhadjir meminta percepatan penyaluran bansos tidak disalahgunakan oleh oknum yang mengambil keuntungan sepihak. Misalkan, minta uang ke warga dengan alasan sudah membantu percairan bansos, padahal itu kebijakan pemerintah.

“Jangan coba-coba ambil hak orang yang tidak mampu. Karena, selain tidak dibenarkan agama maupun peraturan undang-undang,” ujarnya.

Muhadjir berharap, penyaluran bansos berjalan lancar dan bisa selesai sebelum masa libur hari Lebaran. “Jika target ini tercapai, tak hanya penerima yang senang tapi juga pemerintah,” kata Menko PMK menandaskan. (Tri Wahyuni)