Jembatan Ampera Tutup 2 Jam Saat Malam Tahun Baru

0
Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan. (Istimewa)

PALEMBANG (Suara Karya): Jembatan Ampera yang menghubungkan seberang ulu dan seberang ilir di kota Palembang akan ditutup selama dua jam pada malam pergantian tahun baru 2019.

“Penutupan ini untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di sekitaran lokasi pesta rakyat pada pergantian tahun baru mendatang,” ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Selasa (18/12/2018).

Dia mengatakan biasa pesta rakyat atau pesta kembang api di Kota Palembang ini terpusat di Benteng Kuto Besak (BKB), sehingga banyak masyarakat yang akan berkunjung ke tempat ini.

Untuk mengantisipasi kemacetan disekitaran wilayah tersebut sehingga perlu dilakukan rekayasa lalu lintas dan menutupan Jembatan Ampera.

“Penutupan Ampera ini sama seperti tahun sebelumnya yakni dua jam sebelum dan sesudah pergantian tahun,” katanya.

Untuk rekayasa lalu lintasnya nanti, kendaraan akan dilarang melintas dari di beberapa titik dan dialihkan ke jalur lain. Sedangkan, yang ingin menyebrang bisa melalui Musi II Palembang.

Dirinya berharap diakhir tahun mendatang, Jembatan Musi IV juga sudah dapat dipakai sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi kemacetan dan beban Jembatan Ampera saat ini, mengingat kondisi Ampera yang sudah tua.

“Mungkin nantinya sebagian juga akan dialihkan ke jembatan baru ini kalau memang sudah selesai,” terangnya.

Meskipun begitu, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk melakukan rekayasa ini. Termasuk jalur yang akan dilalui di mala tahun baru mendatang.

“Kami juga akan melakukan pantauan keamanan keliling di beberapa titik di kota Palembang di malam tahun baru nanti,” tutupnya. (Indrajaya)