KA Pandanwangi Relasi Jember-Banyuwangi Kembali Beroperasi

0
KA Pandanwangi berhenti di Stasiun Jember, Jawa Timur. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember siap mengoperasikan kembali KA Pandanwangi, yang merupakan kereta lokal dengan relasi Jember-Banyuwangi (PP) mulai 9 Agustus 2020. ANTARA/ HO-Humas KAI Daop 9 Jember

JEMBER (Suara Karya): PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember mulai 9 Agustus 2020 mengoperasikan kembali KA Pandanwangi, yang merupakan kereta lokal dengan relasi Jember-Banyuwangi (PP).

“KA Pandanwangi yang berangkat dari Stasiun Jember-Ketapang Banyuwangi (PP) akan beroperasi setiap hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan bagi para penumpang,” kata Vice President PT KAI Daop 9 Agus Barkah dalam rilis yang diterima ANTARA di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, ada empat perjalanan KA Pandanwangi yang dioperasikan setiap harinya dan kebijakan pengoperasian kembali kereta lokal tersebut setelah pihaknya melihat animo tinggi masyarakat yang berharap kereta dengan rute Jember-Banyuwangi untuk beroperasi kembali.

“KA Pandanwangi itu merupakan kereta lokal, sehingga penumpang yang naik kereta tersebut tidak perlu menyediakan dokumen kesehatan sebagai persyaratan melakukan perjalanan,” tuturnya.

Kendati demikian, lanjut doa, PT KAI Daop 9 Jember tetap menerapkan protokol kesehatan untuk penumpang yang akan naik KA Pandanwangi seperti suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celsius, kewajiban memakai masker, dan diimbau untuk mengenakan pakaian lengan panjang.

“Kami juga menerapkan kapasitas tempat duduk maksimal 70 persen sesuai protokol kesehatan, sehingga diharapkan dapat mencegah penularan virus corona selama perjalanan menggunakan kereta api lokal,” katanya.

Dengan beroperasinya kembali KA Pandanwangi, KAI Daop 9 Jember mengoperasikan lima KA dengan 12 perjalanan kereta setiap harinya pada Agustus 2020 dan persyaratan untuk perjalanan menggunakan KA Pandanwangi tidak memerlukan dokumen kesehatan seperti ketika melakukan perjalanan menggunakan KA jarak jauh.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan KA jarak jauh maupun KA lokal dapat melakukan pemesanan tiket melalui layanan aplikasi daring KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan kereta api atau penjualan langsung (go show) yang dilayani tiga jam sebelum kereta berangkat,” ujarnya. (Syarifuddin Lihawa)