Kalah Duel, Kuli Bangunan Gagal Rampok Rumah di Kalideres

0
(suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Hermanto, seorang kuli bangunan di Perumahan Citra 2 Pegadungan Kalideres, Jakarta Barat, anggota kepolisian Polsek Kalideres, setelah gagal melakukan aksi perampokan di rumah salah seorang warga yang tidak jauh dari tempatnya bekerja.

Kapolsek Kalideres, Kompol Indra Maulana mengatakan, pelaku gagal melakukan aksinya setelah kalah berduel dengan pemilik rumah dan kemudian melarikan diri. “Kurang dari 1×24 jam, anggota kami berhasil menangkap pelaku,” kata Indra di Jakarta, Sabtu (9/5/2020)

Aksi percobaan perampokan itu sendiri terjadi pada Rabu (6/5) dini hari. Ketika itu korban dan keluarga sedang tidur. Tiba-tiba lampu di rumahnya mati. “Korban mengecek NCB di sekitar ruang tamu, ternyata tidak turun, sementara lampu penerangan di tetangga depan rumah menyala karena penasaran korban membuka pintu bermaksud mau mengecek NCB di sekitar garasi,” kata dia.

Indra menerangkan, seorang tidak dikenal dengan mengunakan penutup wajah hendak merangsek masuk dengan mendorong sambil menghunus pisau lipat ke arah korban.

“Korban berusaha menahan pisau dengan tangan kiri hingga terluka,” ujar dia.

Indra mengatakan, pelaku terus mengancam. Korban pura-pura pingsan. Beruntung, tidak ada satupun barang yang hilang.

“Korban mendengar suara kaki pelaku berlari di tangga menuju lantai atas, namun tidak lama turun lagi dan keluar dari dalam rumah yang kemudian kabur dengan memanjat tembok pembatas,” ujar dia.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Kalideres AKP Syafri Wasdar menerangkan pelaku terpaksa merampok karena pelaku terdesak kebutuhan ekonomi. “Desakan ekonomi atau tuntutan dari anaknya yang mendesak minta uang,” ujar dia.

Guna mempertanggungjawabkan atas perbuatan pelaku dikenakan pasal 53 jo 365 KUHP dan atau pasal 351 KUHP. (Indra DH)