Kalbis Institut Gelar Wisuda, Lebih dari 90 Persen Lulusan Terserap di Dunia Kerja

0

JAKARTA (Suara Karya): Kalbis Institute melantik 473 wisudawan program sarjana dan pascasarjana tahun akademik 2021/2022, setelah 2,5 tahun digelar secara daring karena pandemi covid-19. Meski baru lulus, lebih dari 90 persen wisudawan telah terserap di dunia kerja.

“Sekitar 68 persen lulusan Kalbis Institute sudah bekerja di swasta, 20 persen buka usaha sendiri dan sebagian di instansi pemerintah,” kata Rektor Kalbis Institute, Naik Henokh Parmenas, SH, MM, PhD (cand) dalam pelantikan wisudawan, di Jakarta, Kamis (15/12/22).

Hadir dalam acara Bupati Belitung Timur, Burhanudin dan Kepala Bagian Umum Lembaya Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Noviyanto.

Sebagian lulusan Kalbis lainnya, lanjut Naik Henokh, melanjutkan ke jenjang pascasarjana baik di dalam maupun luar negeri.

Rektor menyebut tema wisuda kali ini mengusung tema ‘Equipping Future Leaders with Hearts and Minds’. Diharapkan, lulusan Kalbis Institute mampu menjadi pemimpin di masa depan.

“Dan yang tak kalah penting, lulusan Kalbis memberi dampak positif bagi masyarakat,” ucap Naik Henokh menegaskan.

Disebutkan 473 wisudawan itu, terdiri atas 39 dari Program Studi (Prodi) Magister Manajemen, 102 dari Prodi Manajemen, 54 Prodi Akuntansi, 143 Prodi Ilmu Komunikasi, 52 Prodi Studi Sistem Informasi, 24 Prodi Desain Komunikasi Visual, dan 59 Prodi Informatika.

Jika dilihat dari sisi gender, ada 239 wisudawan pria dan 234 wisudawan wanita. Perolehan IPK tertinggi diraih wisudawan dari Prodi Magister Manajemen dengan IPK 4.00.

Naik Henokh berharap lulusan Kalbis Institute menjadi pemimpin yang tidak gagap menghadapi masa ‘immersive technology’, di mana dunia usaha dan dunia industri akan berubah lebih cepat dari sebelumnya.

“Pemimpin harus siap dan sigap menghadapi segala situasi. Cepat mengambil keputusan, cerdas dan berkarakter mulia sesuai dengan tagline Kalbis Institute yaitu transforming hearts and minds.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin juga berharap lulusan Kalbis Institute mampu memberi sumbangsih bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. (Tri Wahyuni)