Kalbis Institute Gelar Pelatihan Akuntansi Berstandar Global Terafiliasi ACCA

0

JAKARTA (Suara Karya): Kalbis Institute bekerja sama Sunway Test Centre for Accountary Excellence, Malaysia menggelar pelatihan akuntansi untuk mahasiswa berstandar global. Karena, program tersebut terafiliasi dengan ACCA (Association of Chartered Certified Accountants).

“Kalbis Institute mengirim sekitar 20 mahasiswa untuk ikut program yang digelar secara daring,” kata Head of Branding and Communication Kalbis Institute, Raymond Christantyo dalam keterangan pers, Rabu (21/7/21).

Ditambahkan, Kalbis Institute sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia terus meningkatkan kualitas lulusan salah satunya dengan memberi program sertifikasi lewat sejumlah kerjasama baik lembaga asing.

Kedepan, lanjut Raymond, setiap program studi akan diafiliasikan dengan program sertifikasi. Dengan demikian sehingga setiap lulusan Kalbis Institute secara nyata memiliki kemampuan yang siap diserap di dunia industri maupun di dunia usaha.

“Hal itu penting sebagai bagian dalam mewujudkan SDM kualitas di Indonesia,” ucapnya.

Salah satu mahasiswa peserta pelatihan yang juga mahasiswa Kalbis Institute Program Studi Akuntansi Cohort 2020, Nathalia Beamon mengungkapkan pengalaman belajar dalam program partnership antara Kalbis Institute dan Sunway untuk program Sertifikasi ACCA sangat menyenangkan.

“Materi pembelajaran sangat lengkap dan disampaikan dalam bahasa Inggris oleh dosen yang berpengalaman. Sehingga bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris kita,” ujarnya.

Ditambahkan, perbedaan kultural juga bukan masalah bagi dosen dari Sunway, bahkan mereka terus berusaha untuk mereferensi dan membandingkan kultur sosial dan korporat antara Indonesia dan Malaysia. Sehingga materi yang diajarkan berlangsung baik sekaligus memperluas wawasan.

“Dosen sangat baik kepada mahasiswa, sehingga atmosphere di kelas terasa nyaman dan kondusif untuk belajar,” ujar Nathalia.

Pernyataan senada dikemukakan mahasiswa Kalbis Institute Program Studi Akuntansi Cohort 2020, Ricard Hermawan. Ia mengaku senang mendapat pembelajaran seputar sertifikasi akuntan sejak bangku kuliah perkuliahan. Kegiatan semacam itu hanya bisa diperoleh di Kalbis Institute karena kampus tersebut berkolaborasi langsung dengan ACCA.

“Pembelajaran yang disajikan sangat menarik, serta menggunakan bahasa Inggris. Materi yang ditampilkan memiliko perspektif internasional dan membahas secara keseluruhan tentang perekonomian baik makro, mikro maupun organisasi yang kalau di perkuliahan umum hanya dapat di satu mata kuliah, tetapi ini seperti model 3 in 1,” ucapnya.

Ricard berharap pembelajaran tersebut mampu menambah kualitas lulusan Kalbis Institute. Sehingga mampu mempermudah mereka untuk direkrut saat bahkan sebelum lulus dari Kalbis Institute. (Tri Wahyuni)