Kaleidoskop 2021 KBRI Tokyo: Tahun Akselerasi Promosi Indonesia di Tengah Masa Pemulihan Pandemi Covid 19

0
Dubes Heri Akhmadi bersama penerima Ambassador Award KBRI Tokyo 23 Desember 2021. Foto KBRI Tokyo

TOKYO (Suara Karya): 2021 adalah tahun akselerasi diplomasi Indonesia di Jepang. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus melakukan tugas diplomasi yang difokuskan pada percepatan pemulihan ekonomi nasional, penguatan kerja sama penanggulangan pandemi, pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) serta mempererat kerja sama dan kemitraan di forum regional dan multilateral.

“Tahun 2021 adalah masa akselerasi promosi Indonesia. Situasi pemulihan pandemi Covid-19 di 2021 tidak menyurutkan KBRI Tokyo untuk terus bekerja mengoptimalkan diplomasi dan membuka peluang baru untuk memperkuat jalinan hubungan Indonesia dan Jepang yang sudah berlangsung erat selama 63 tahun.

Mulai dari kerja sama penanganan pandemi Covid-19 dan kebencanaan, kerja sama politik, pertahanan dan keamanan, kerja sama ekonomi, hingga promosi seni budaya, pariwisata dan pendidikan,” demikian disampaikan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi.

“Tahun 2021 juga istimewa dengan adanya raihan medali emas pada ajang Tokyo Games 2020. Sebuah kebanggaan bagi KBRI Tokyo bisa memfasilitasi Tim Olimpiade dan Paralimpiade Indonesia selama berlaga di Jepang,” tambahnya.

Kerja sama bidang politik dan pertahanan di 2021 dengan Jepang berpuncak pada pertemuan 2+2 (two-plus-two) antara Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu dan Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan PM Jepang, Suga Yoshihide, ke Jakarta bulan Oktober 2020 lalu. Pertemuan 2+2 pertama diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2015.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, pada awal 2021 perdagangan RI-Jepang telah berangsur membaik. Total perdagangan kedua negara mencapai USD14,6 milyar, naik 13,2% dibandingkan tahun 2020. Kenaikan tersebut bersumber dari peningkatan kinerja ekspor dan impor. Nilai ekspor RI ke Jepang mencapai USD7,9 milyar, naik 18,6% (YoY). Di sisi lain, nilai impor RI dari Jepang mencapai USD6,6 milyar atau naik 7,4% (YoY).

Neraca perdagangan RI pada Semester 1-2021 mengalami surplus sebesar USD1,4 milyar, atau meningkat tajam sebesar 130,1% jika dibandingkan surplus semester I tahun 2020 yang hanya mencapai USD614,7 juta.

Tahun 2021 menjadi titik akselerasi penting promosi seni, budaya, dan pariwisata Indonesia di Jepang. Sejumlah festival Indonesia dilaksanakan di berbagai tempat di Jepang untuk kembali mengingatkan warga Jepang akan kekayaan seni, budaya, dan pariwisata Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan Indonesia tetap berada di top-of-mind warga Jepang, khususnya terkait destinasi wisata Indonesia.

Kerja sama bidang pendidikan dengan Jepang juga dilakukan untuk meningkatkan program beasiswa mahasiswa Indonesia dan kerja sama riset antar universitas di Indonesia dan Jepang. KBRI Tokyo juga membentuk 5 (lima) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk membuka akses pendidikan bagi WNI di Jepang tanpa terkecuali.

Sementara itu, dalam hal pelindungan WNI, KBRI Tokyo melakukan berbagai upaya untuk memastikan hak-hak hukum WNI di Jepang dapat terpenuhi. Hal ini berbuah keberhasilan KBRI Tokyo dalam membebaskan 2 (dua) orang WNI dari tuduhan kasus narkoba pada 13 Juli 2021. Selama 2021, KBRI Tokyo juga telah menyalurkan bantuan logistik untuk WNI terdampak Covid-19 di Jepang dan Federasi Mikronesia.

Pandemi COVID-19 dan Kerja Sama Kebencanaan

Penanganan pandemi Covid-19 menjadi pekerjaan bersama. Demikian pula yang dilakukan Indonesia dengan Jepang, baik berupa pengadaan vaksin, pertukaran informasi dan riset perguruan tinggi.

Pada 20 Mei 2021 KBRI Tokyo bekerja sama dengan Pemerintah Kota Oarai Perfektur Ibaraki dalam penanganan 36 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi Covid-19. Tidak hanya pertukaran informasi dan penanganan kesehatan, pemerintah kota Oarai juga memfasilitasi KBRI Tokyo dalam membantu menyalurkan suplemen bagi WNI yang terpapar Covid-19 di Oarai.

Sementara itu pada 1 Juli 2021, Pemerintah Jepang melalui KBRI Tokyo mengirimkan bantuan 1 juta dosis Vaksin Astra Zeneca untuk Indonesia. Wakil Duta Besar RI Tri Purnajaya bersama Direktur Second Southeast Division Kemlu Jepang, Hajime Ueda melepas secara simbolis 13 kontainer yang berisi 1 juta dosis Vaksin Astra Zeneca dari Bandara Haneda menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Banten.

Selain penanganan pandemi Covid-19, KBRI Tokyo juga menjalin kerja sama di bidang pelatihan kebencanaan dengan pemerintah Jepang. Pada 5 Oktober 2021 Pemadam Kebakaran dan Kepolisian Tokyo menyelenggarakan simulasi siaga dan tanggap bencana bagi siswa dan tenaga pendidik sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Politik, Pertahanan dan Keamanan

Pada 30 Maret 2021, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Jepang dalam pertemuan 2+2 (two-plus-two) dengan kementerian terkait. Sebelum pertemuan 2+2 ini, Menlu Retno Marsudi dan Menhan Prabowo diterima secara khusus oleh Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga.

Dalam pertemuan itu, PM Suga menyampaikan pertemuan ini menjadi landasan kerja sama erat di bidang pertahanan keamanan antara Indonesia dan Jepang. Pertemuan 2+2 ini menghasilkan berbagai kesepakatan di antaranya seputar latihan militer kedua negara dan pertukaran staf senior maupun para perwira untuk dilatih di Jepang.

Kerja sama ini dilakukan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas bersama, khususnya di wilayah Asia Pasifik. Menlu Retno Marsudi memastikan kesepakatan dalam pertemuan 2+2 ini akan semakin memperkuat kerja sama Indonesia – Jepang di masa mendatang.

6 Agustus 2021, Dubes Heri memenuhi undangan Pemerintah Perfektur Hiroshima dalam peringatan 76 tahun bom atom di kota Hiroshima pada 6 Agustus dan menegaskan komitmen Indonesia dalam memelihara perdamaian dunia dan dukungan penghapusan senjata nuklir.

Selain menjadi Inspektur Upacara Peringatan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021, Dubes Heri melakukan kunjungan dan peletakan karangan bunga di Monumen Soekarno yang berada di samping kuil kuno Seisho Tokyo. Kunjungan ini adalah bentuk penghargaan Indonesia kepada warga Jepang yang membantu kemerdekaan Indonesia. Selain itu Dubes Heri berkunjung ke Patung Sudirman yang berada di dalam kompleks kantor Kementerian Pertahanan Jepang.

Pada 30 Agustus 2021, Pemerintah Indonesia melalui Dubes Heri Akhmadi memberikan penghargaan kepada awak latih Angkatan Laut Jepang JS Kashima 3508 yang telah menyelamatkan 3 WNI yang merupakan anak buah kapal Kapal Motor Mitra Usaha GT 32.

Penghargaan ini diterima oleh Chief of Staff of the Japan Maritime Self Defense Force Admiral Hiroshi Yamamura di Markas Pasukan Bela Diri AL, Kementerian Pertahanan Jepang di Ichigaya Tokyo.

Sebelumnya, pada 2 Juni 2021 Dubes Heri memberikan penghargaan kepada perusahaan kapal penangkap ikan Jepang FV Fukuseki Maru 15 yang telah membantu penyelamatan 20 WNI awak KM Bandar Nelayan 188.

4 Oktober 2021, Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Fumio Kishida selaku Perdana Menteri (PM) Jepang yang menggantikan Yoshihide Suga. Melalui akun Twitternya, Presiden Jokowi menyatakan siap memperkuat kerja sama Indonesia dan Jepang khususnya dalam penanganan pandemi dan kerja sama ekonomi. Presiden Jokowi juga mengapresiasi PM Jepang sebelumnya Yoshihide Suga atas kerja sama erat bilateral kedua negara.

Pada 29 Oktober 2021, Dubes Heri Akhmadi menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Mikronesia David W. Panuelo secara virtual. Surat kepercayaan dari Presiden RI Joko Widodo ini berisi janji Heri Ahmadi sebagai Duta Besar RI untuk Negara Federasi Mikronesia yang berkedudukan di Tokyo.

Sementara itu pada 2 November 2021, KBRI Tokyo menggelar Resepsi Peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Wisma Duta KBRI Tokyo. Dubes Heri mengatakan Indonesia tetap menjaga komitmen terhadap perdamaian dan stabilitas dunia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebijakan Pertahanan, Kementerian Pertahanan Jepang Masuda Kazuo mengatakan Jepang mengharapkan penguatan kemitraan strategis dengan Indonesia khususnya dalam mempromosikan Indo-Pasifik yang terbuka dan bebas.

Pada 25 November 2021, KBRI Tokyo menyelenggarakan Resepsi Diplomatik Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shingo Miyake dan Ketua Asosiasi Indonesia Jepang (Japinda) Yasuo Fukuda. Dubes Heri menekankan, kegiatan Resepsi Diplomatik ini untuk lebih memperkuat hubungan Indonesia Jepang.

Penguatan Kerja Sama Indonesia–Jepang untuk Pemulihan Ekonomi

Mengawali 2021, pada 4 Januari 2021, KBRI Tokyo bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan Instagram Live menyambut Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri. Kegiatan bertema Indonesia Incorporated in Japan memberikan gambaran kepada publik bagaimana sinergi diplomasi Indonesia dilakukan di Jepang dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Pada 9 Februari 2021 KBRI Tokyo mewakili Pemerintah Indonesia meresmikan kapal Super Tanker Very Large Crude Carrier (VLCC) PERTAMINA PRIDE milik Pertamina di Galangan Kapal Ariake Japan Marine United Kumamoto.

Kapal VLCC Pertamina Pride ini memiliki kapasitas angkut minyak mentah sebanyak 324.995 meter kubik atau sekitar 2,04 juta barel dan merupakan crude oil tanker jenis single screw driven dan single deck. Panjang keseluruhan kapal ini mencapai 330 meter atau sekitar tiga kali ukuran lapangan sepak bola dengan kedalaman 29,35 meter.

Indonesia ikut serta di Pameran FOODEX 2021 pada 9 Maret sampai 12 Maret 2021. Partisipasi Indonesia di pameran ini merupakan kolaborasi KBRI Tokyo dengan Bank Indonesia Tokyo dan Indonesia Trade Promotion Center Osaka. Paviliun Indonesia dalam pameran ini diwakili oleh 17 produsen makanan minuman di antaranya Javara (Kampung Kearifan Indonesia), Mayora, Indofood dan Sasa Inti. Sementara itu Produk UKM Indonesia yang dipromosikan antara lain produk kudapan Maicih yang mulai disukai konsumen Jepang dengan rasanya yang pedas.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang pada 10 – 11 Maret 2021 melakukan pertemuan dengan sejumlah perusahaan otomotif seperti Toyota, Mitsubishi, Honda, Suzuki dan Mazda. Dalam pertemuan itu, Toyota Group akan segera realisasikan komitmen investasi Rp28,3 triliun sampai tahun 2023, termasuk untuk mengembangkan mobil listrik.

Sementara itu, Mitsubishi menyatakan siap ekspansi pabrik di Indonesia dengan nilai investasi Rp11,2 triliun hingga tahun 2025. Kalangan bisnis Jepang dalam pertemuan itu juga tertarik untuk mengembangkan industri Petrokimia di tanah air serta memanfaatkan berbagai insentif yang diberikan pada berbagai kawasan industri.

Sementara itu, perusahaan alas kaki ternama Jepang ASICS memberikan komitmen pengembangan dan relokasi pabrik di Tegal, Pemalang dan Cirebon. Relokasi pabrik ini diharapkan akan menyerap lebih dari 12 ribu tenaga kerja.

Kunjungan Menperin ke Jepang adalah bagian dari road show Pemerintah Indonesia untuk menjajaki dukungan pemulihan ekonomi nasional. Jepang adalah mitra penting dan strategis Indonesia, khususnya di bidang ekonomi. Selama kurun waktu 2014-2020, Jepang adalah investor terbesar kedua di Indonesia dengan nilai mencapai US$27,83 milyar.

Pada 28 April 2021 di sela-sela Japan-Indonesia Virtual Conference on Creative Economy (JIVCE), Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menandatangani kesepakatan kerja sama ekonomi kreatif dengan Creek and River Co., Ltd.

Pemerintah Indonesia kembali menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenomisasi Yen Jepang (Samurai Bonds) pada 22 Mei 2021. Penerbitan Samurai Bonds ini berhasil mencetak benchmarks size sebesar JPY100 Milyar (13,21 triliun rupiah) yang ketujuh kalinya sejak 2015.

Penerbitan Samurai Bonds ini ditujukan untuk pembiayaan defisit APBN 2021 termasuk untuk penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi. Investor Jepang menunjukkan minat yang kuat pada Samurai Bonds Indonesia.

Pada 25 Mei 2021 KBRI Tokyo menjadi tuan rumah pertemuan dengan 21 perwakilan perusahaan Jepang yang tergabung dalam Forum Bisnis The International Friendship Exchange Council (FEC). Dalam pertemuan itu Dubes Heri mengajak para pebisnis FEC untuk dapat berinvestasi pada Sovereign Wealth Fund Indonesia guna mengakselerasi pembangunan infrastruktur Indonesia.

KBRI Tokyo pada 24 September 2021 bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) menyelenggarakan kegiatan Market Sounding and Introduction to Japan’s Digital Creative Industries sebagai bagian pembekalan kepada 19 pengembang permainan Indonesia yang berpartisipasi pada pameran Tokyo Game Show (TGS) 2021 pada 30 September – 3 Oktober.

Pada 30 September 2021 KBRI Tokyo menandatangani Kesepakatan Bersama Pembentukan Small and Medium Enterprises (SME) Center di Tokyo dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Tokyo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tokyo, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC Tokyo), Garuda Indonesia Tokyo dan Pertamina East Asia.

Dubes Heri Akhmadi berharap keberadaan SME Center ini dapat membantu pelaku usaha Indonesia, khususnya UMKM Diaspora di Jepang dalam mengembangkan usahanya.

Sementara itu pada 7 Oktober 2021 KBRI Tokyo menandatangani komitmen hibah pengiriman 11 unit kendaraan pemadam kebakaran dan 4 unit ambulans untuk Sulawesi Selatan dari Ehime Toyota Motor. Selama 10 tahun terakhir, Ehime Toyota Motor telah memberikan hibah lebih dari 200 kendaraan layanan publik ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Makassar dan Bandung.

Di bidang kehutanan, Sumitomo Forestry Jepang pada 7 Oktober 2021 tertarik untuk memperluas usahanya di Indonesia, dengan memanfaatkan energi biomassa berbasis kayu. Sumitomo Forestry adalah perusahaan Jepang yang tercatat mengelola 145.000 hektar lahan hutan di Indonesia.

Perusahaan Indonesia yang menjadi pioneer bisnis makanan halal di Jepang, Sariraya Co., Ltd memperoleh penghargaan Primaduta Award 2021 pada pembukaan Trade Expo Indonesia-Digital Edition (TEI-DE) ke-36 pada 21 Oktober 2021.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi Pemerintah Indonesia atas loyalitas dan dedikasi dalam mendorong pemasaran produk halal Indonesia di pasar Jepang.

Duta Besar Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Hyogo, Jepang, Saito Motohiko dan sejumlah pebisnis pada 22 dan 23 Oktober 2021. Dalam perbincangan dengan Gubernur Hyogo Saito Motohiko, Dubes Heri memastikan Indonesia terus berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Kepada Dubes Heri, Gubernur Hyogo Saito Motohiko menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Indonesia yang telah menjadi tuan rumah yang baik bagi keberlangsungan bisnis dari 40 perusahaan Jepang yang berasal dari Perfektur Hyogo.

Sementara itu, Dubes Heri Akhmadi mewakili Pemerintah Indonesia, menerima Penghargaan Deal Watch Award pada 16 November 2021. Deal Watch Award adalah penghargaan prestisius yang diberikan kepada pelaku pasar modal yang berpartisipasi pada Samurai Bond Jepang. Pemerintah Indonesia mendapat penghargaan dengan kategori Cross-Border Yen Bond of the Year 2020.

Pavilion Indonesia di hari pertama pembukaan World Specialty Coffee Conference and Exhibition 2021 Tokyo pada 17 hingga 19 November 2021 berhasil meraih dua kesepakatan dagang untuk impor specialty coffee dari Indonesia dengan nilai lebih dari US$150,000 dan 1 (satu) kesepakatan antara eksportir Indonesia dengan importir dan distributor Jepang.

Promosi Seni Budaya Pariwisata & Kerja Sama Pendidikan

Pada 22 Mei 2021 KBRI Tokyo melalui program Rumah Budaya Indonesia (RBI) mengadakan promosi budaya wisata dan kuliner dengan tema “Visit Semarang” secara virtual dengan dihadiri 60 peserta masyarakat Jepang.

KBRI Tokyo bekerja sama dengan Bank Indonesia di Tokyo dan Batik Keris menggelar “Indonesia – Japan Batik Talkshow: Revitalizing Batik Creative Industry” yang dihadiri para pegiat batik dan desainer muda Jepang pada 28 Mei 2021.

Dalam acara ini KBRI Tokyo mengadakan sayembara desain batik motif Indonesia-Jepang yang mendapatkan antusiasme positif dari para pelaku fesyen muda di Jepang. Pada 2020, tercatat ekspor batik ke Jepang lebih dari 2 ton dengan nilai US$151.434, meningkat lebih dari 150% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 3 Juli 2021, KBRI Tokyo bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) menggelar Pagelaran Wayang Kulit berbahasa Jepang yang merupakan bagian dari rangkaian promosi terpadu Trade,Tourism and Investment (TTI) dengan tajuk ‘Indonesia Bazaar’. Mayoritas warga Jepang yang hadir di acara terlihat antusias menyaksikan tampilan wayang kulit dengan lakon Bima Bumbu dari Ki Dalang Rofit.

Menyambut Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, KBRI Tokyo menggelar pementasan Wayang Kulit berbahasa Jepang secara virtual berlakon Dewa Ruci pada 15 Agustus 2021 dengan menampilkan Ki Dalang Rofit Ibrahim dari grup HanaJoss diiringi grup gamelan Lambang Sari yang mayoritas pemainnya adalah warga Jepang.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal/Asisten Menteri Urusan Global Kementerian Luar Negeri Jepang Keiichi Ono dan Ibu Hikariko Ono, mantan Dubes Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi dan Ibu Sayoko Ishii, serta para pemimpin perusahaan dan asosiasi bisnis Jepang.

KBRI Tokyo melalui program Rumah Budaya Indonesia (RBI) menggelar lokakarya virtual berbahasa Jepang dengan tema “tempe Indonesia dan cara membuatnya” pada 11 September 2021. Acara ini dihadiri oleh 103 peserta yang mayoritas warga Jepang dan dibuka oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Nuning Akhmadi.

Pada 15 September 2021 sebanyak 26 mahasiswa pemelajar dan pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dari Universitas Keio Kampus Shonan Fujisawa, Kanagawa menghadiri acara “Indonesia Day: Pesona Seni Budaya Jawa Barat” di KBRI Tokyo. Para mahasiswa Universitas Keio memanfaatkan acara ini dengan berdiskusi langsung dengan Dubes Heri dan belajar memainkan degung serta menari Jaipong.

KBRI Tokyo melakukan program promosi budaya bertajuk Indonesia Taishikan Gakkon Homon (Indonesian Embassy Goes to School) di SMA Internasional Kanto Jepang pada 18 September 2021. SMA Kanto Internasional merupakan satu-satunya SMA di Tokyo yang memberikan pelajaran bahasa Indonesia.

Di bidang Pendidikan, KBRI Tokyo selama tahun 2021 mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dengan melibatkan peran serta tokoh dan kelompok masyarakat Indonesia yang bermukim di Jepang. Pendirian PKBM ini dimaksudkan bagi warga Indonesia dalam hal ini anak-anak untuk menambah pendidikan non formal seputar Agama dan Kepribadian, Pendidikan Kebangsaan dan Kewarganegaraan serta Bahasa Indonesia. Hingga Desember 2021 sudah 5 PKBM yang didirikan. Yang pertama adalah PKBM Darussalam di Nishio Aichi, PKBM At TAkwa di Koga Ibaraki, PKBM Nagoya, PKBM Sekolah Nusantara di Toyota Aichi dan PKBM Sahabat Indonesia di Oarai Ibaraki.

Pada 7 Oktober 2021 KBRI Tokyo memfasilitasi penandatanganan Nota Kesepahaman Program Sister School antara SMA Pradita Dirgantara yang dikelola oleh Yayasan Yasarini TNI Angkatan Udara dengan Meikei High School Tsukuba Jepang.

Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) pada 19 Oktober mendapat peringkat A dalam penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021. Akreditasi A merupakan capaian tertinggi hasil penilaian akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN SM).

Pada 30 Oktober 2021, KBRI Tokyo dan Yamanashi Gakuin University (YGU) menyelenggarakan Indonesia Festival di Yamanashi Gakuin University (YGU) Kota Kofu Prefektur Yamanashi. Lebih dari 621 orang warga Jepang yang hadir pada acara itu selain menyimak paparan Dubes Heri seputar masa depan bersama Indonesia – Jepang, juga berkesempatan mengikuti lokakarya Gamelan dari Grup Semilir dan Pergelaran Wayang Kulit oleh Ki Dalang Sumiyanto dengan lakon Bimo Cangkang.

Memperingati Hari Angklung Sedunia 2021, Dubes Heri Akhmadi, meluncurkan Angklung kayu karya anak bangsa, Dhany Irfansyah pada 16 November 2021. Sebelumnya Dhany yang juga merupakan staf KBRI Tokyo menciptakan angklung digital melalui aplikasi mobile pada 2010.

20 November 2021 KBRI Tokyo bekerja sama dengan Toyota Indonesia Group (TIG), Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Nagoya, Perkumpulan Kebudayaan Indonesia Nagoya (PKIN) dan Toyota International Association (TIA) menggelar Pameran Tenun Ikat Nusa Tenggara Timur (NTT) di Toyota Industrial Culture Centre, Toyota City, Prefektur Aichi. Acara ini dimeriahkan dengan praktek langsung menenun dengan alat tenun bukan mesin yang didatangkan langsung dari NTT.

Pameran Tenun Ikat merupakan salah satu rangkaian acara pada program Promosi dan Pelayanan Terpadu “Indonesia Day @Toyota”. Program ini terdiri dari temu masyarakat, peresmian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nusantara, pelayanan konsuler dan keimigrasian, konsultasi perpajakan, keuangan dan pengenalan investasi.

KBRI Tokyo pada 27 November 2021 hadir dan memberikan dukungan dalam pementasan drama teater berjudul ‘Electra’ yang disutradarai Tadashi Suzuki. Drama Teater ini melibatkan 11 aktor dan tim pendukung asal Indonesia. Pertunjukan berlangsung di Toga Grand Theatre, Toga Art Park, Prefektur Toyama ini diproduksi bersama Suzuki Company of Toga (SCOT) dan Purnati Indonesia serta disponsori oleh The Japan Foundation.

Sementara itu, pada 28 November 2021 KBRI Tokyo bekerja sama dengan PPI Shizuoka berpartisipasi dalam Waiwai World Fair (WWF) yang digelar oleh Pemerintah Kota Shizuoka. Dalam kegiatan itu pengunjung warga Jepang ramai menyambangi booth Indonesia untuk menyaksikan penampilan seni Hadrah, Tari Jaipong dan Pencak Silat.

Pelindungan WNI

KBRI Tokyo pada 13 Juli 2021 berhasil membebaskan 2 (dua) orang WNI dari tuduhan kasus narkoba dan memastikan ganti rugi atas penahanan selama 2 tahun 1 bulan. KBRI juga berhasil memperjuangkan hak-hak gaji 2 WNI yang diduga menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Selama 2021, KBRI Tokyo juga telah menyalurkan sejumlah bantuan logistik, termasuk bahan makanan, vitamin dan suplemen bagi WNI terdampak Covid-19 di Jepang dan Federasi Mikronesia.

Di tengah pandemi pada tahun 2021, KBRI mencatat adanya peningkatan jumlah layanan pencatatan pernikahan sipil, baik sesama WNI, maupun WNI dengan WN Jepang/WNA, dari 181 pasang pada tahun 2020, meningkat menjadi 210 pada tahun 2021. Hal yang sama juga terlihat pada pasangan WNI yang melakukan pernikahan Islam dengan fasilitasi KBRI, dimana pada tahun 2020 tercatat 54 pasangan dan pada tahun 2021 tercatat sekitar 90 pasangan, meningkat hampir 2 kali lipat.

KBRI Tokyo juga menggelar pelayanan jemput bola keimigrasian dan kekonsuleran bagi WNI yang tinggal di luar Tokyo. Pelayanan jemput bola dari KBRI Tokyo ini dalam beberapa kesempatan juga didampingi oleh Dubes Heri Akhmadi. Seperti halnya yang dilakukan di Hamamatsu Prefektur Shizuoka pada 28 September 2021, Prefektur Hokkaido pada Sabtu, 16 Oktober 2021 dan di Toyota Prefektur Aichi pada 20 – 21 November 2021 yang dihadiri lebih dari 300 orang.

Di penghujung tahun Dubes RI Heri Akhmadi pada 23 Desember 2021 menganugerahkan Ambassador Award pada enam insan yang aktif membantu diplomasi kemanusiaan dalam pelindungan WNI, promosi produk Indonesia serta seni dan budaya Indonesia di Jepang. Mereka adalah Johny Galag dan Anna Albertine Magdalena Yoshitani atas kontribusinya membantu diplomasi kemanusiaan dalam pelindungan WNI di Jepang, CEO Perusahaan Albatz (Kadatuan Coffee, Authentic Coffee of Priangan), Shinichiro Baba dan CEO Jalan Sriwijaya Hideaki Yokose atas jasanya mempromosikan produk Indonesia di Jepang. Adapun untuk bidang kebudayaan, Ambassador Award diberikan kepada Tini Kodrat dan Fusami Ito.

Dukungan KBRI Tokyo di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020

Selama Juli hingga September 2021, KBRI Tokyo memfasilitasi dan mendukung keikutsertaan Indonesia dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 ini berlangsung mulai dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-55 dengan perolehan 1 medali emas, satu perak dan satu medali perunggu.

Sementara itu, untuk Paralimpiade Tokyo yang berlangsung mulai 24 Agustus hingga 5 September 2021 Indonesia sukses meraih dua emas, tiga perak dan empat perunggu. Raihan Sembilan medali ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-43 Paralimpiade Tokyo 2020.

KBRI Tokyo bekerja sama dengan BUMN Indonesia dan sejumlah perusahaan Jepang memberikan hadiah tiket pesawat Jakarta – Tokyo – Jakarta kepada para peraih medali di dua ajang olah raga itu.

Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Zainudin Amali memberikan penghargaan kepada Dubes Heri Akhmadi di Hari Olah Raga Nasional pada 9 September 2021. Penghargaan ini diberikan karena Dubes Heri dinilai sangat berjasa dalam mendukung kontingen Indonesia yang berlaga dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. (Pramuji)