Kalikan Kumpulkan Pelaku Usaha Ikan Hias di JiExpo Kemayoran

0

JAKARTA (Suara Karya): Kalikan.id bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Kalikan Expo 2022 yang diselenggarakan mulai 14-16 Oktober di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Utara. Kegiatan ini bertujuan mengumpulkan semua pelaku usaha di pasar ikan air tawar Indonesia agar bisa bersinergi.

Ketua panitia Kalikan Expo 2022 Dian Rachmawan, mengklaim kalau event in merupakan expo ikan hias air
tawar terbesar di Indonesia.

“Rangkaian acara Kalikan Expo 2022 terdiri dari pameran ikan has air tawar yang dikuti
190 lapak UMKM se Indonesia, perlombaan ikan hias ‘Sakti Cup’ dengan total hadiah Rp 250
Juta, dan dilanjutkan dengan talkshow mengenai pemberdayaan bisnis UMKM ikan air tawar,” kata Dian di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Menurut Dian, Kalikan expo adalah sebuah ajang untuk bersinergi bagi kebangkitan para pelaku
UMKM ikan air tawar Indonesia agar bisa selalu produktif. Kunci dari keberhasilan tersebut adalah kolaborasi dilengkapi dengan digitalisasi, dimana para pelaku UMKM kedepannya bisa berinteraksi dengan pihak swasta dan juga pemerintah dengan mudah. Dalam ranah digitalisasi, kita fasilitasi dengan sebuah aplikasi khusus untuk kebutuhan pasar ikan air tawar.

Dikatakannya, selama pandemi Covid-19 demam ikan hias sempat ramai di masyarakat. Baik sekadar memelihara sebagai hobi, maupun membudidayakannya secara rumahan.

Selain itu, kerajinan akuarium lengkap dengan asesorisnya dan juga seni menghias akuarium juga naik dan untuk kalangan pasar genetik ikan air tawar. Nilai ekspor ikan has pun terus mengalami perkembangan fluktuatif dari tahun ke tahun dalam enam tahun terakhir.

Untuk diketahui, Indonesia adalah negara kedua terbesar di dunia yang mempunyai sumber daya genetik ikan air tawar sebanyak 1300 spesies.

Di sisi pasar domestik, Indonesia juga memiliki pasar luas berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang mencatat pergerakan lalu lints ikan has domestik meningkat pada periode 2014-2017 dengan pertumbuhannya berkisar 12-50% per tahun.

Mengikuti pertumbuhan tersebut berdasarkan data BPS yang diolah Ditjen PDSPKP, KKP nilai ekspor ikan has Indonesia mengalami peningkatan periode 2017 – 2021, pada tahun 2017 memiliki nilai USD27,6 juta menjadi USD34,5 juta pada tahun 2021. Ekspor ikan hias tahun 2021 didominasi ikan hias air tawar sebesar 80 63% atau senilai USD27,8 juta. (Bayu)