Kaltim Putra – Putri “Kawinkan Juara”, Ketum PP ABTI Harapkan Beach Handball Digelar di PON 2024

0

JAKARTA (Suara Karya) : Tampil Spektakuler, tim Kaltim putra dan putri kawinkan tampuk juara dalam Kejurnas bola tangan pantai (beach handball) yang digelar di lapangan pasir Kampus B Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Pertandingan partai final yang diikuti tiga tim di putra, Kaltim unggul atas Jateng 2-0 (21 – 13 dan 21 – 13). Selanjutnya Kaltim menekuk tuan rumah DKI ( 17 – 16 dan 15 – 8) dengan dua kali kemenangan di partai final akhirnya Kaltim dinyatakan sebagai Juara. Tempat kedua diambil Jateng dan ketiga DKI Jakarta.

Adapun di putri tim Kaltim juga berhasil meraih tampuk juara setelah mengalahkan Jatim 2-0 ( 21 – 5 dan 23 – 2 ) begitu juga dipertandingan kedua menumbangkan Jateng 2-0 (20 – 5 dan
20 – 8 ). Adapun posisi kedua diambil Jateng dan ketiga ditempati Jatim.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar SE MM memberikan acungan jempol, semangat juang semua pemain meraih tampuk juara cukup gigih. Meski pertandingan final berlanjut hingga malam, namun para pemain tampil dengan kemampuan yang dimiliki.

“Kejurnas Beach Handball kali ini dijadikan sebagai ajang seleksi persiapan menuju Pra PON dan kejuaraan bola tangan Asia serta dunia Agustus 2023 mendatang di Bali. Dengan begitu, para pemain tertantang menunjukkan prestasi puncaknya, ” tegas Zulfydar saat menyaksikan pertandingan.

Para atlet yang terjaring lewat Kejurnas katanya, ditempa dalam Pelatnas di Jakarta, mulai Januari tahun 2023. “Kami berharap dengan persiapan menuju kejuaraan Asia dan Dunia sudah seharusnya mendapat bantuan pemerintah selama atlet ditempa di Pelatnas, ” tegasnya.

Menurutnya, cabang bola tangan pantai dipertandingkan wajib disetiap multi event internasional. Dengan begitu sudah seharusnya digelar di PON XXI Aceh dan Sumut 2024 mendatang, bukan eksibisi lagi.

13 Tim Tampil

Dengan begitu paparnya, ketika bola tangan pantai dipertandingkan di SEA Games tahun 2025 di Thailand, tidak menemui kesulitan lagi mendapatkan atlet yang handal. Melalui aturan semua itu PP ABTI terus berjuang agar bola tangan pantai dipertandingkan seiring dengan bola tangan indoor di PON XXI tahun 2024.

Pada kesempatan yang sama Ketua panitia penyelenggara Kejurnas Bregas Rochadi mengatakan, Kejurnas Bola Tangan 2022 merupakan langkah awal program PP ABTI untuk mewujudkan target yang telah dicanangkan dalam Rakernas bulan lalu.

Program yang digariskan PP ABTI mendapat dukungan dari Pengprov yang tersebar di 26 Provinsi. Seperti halnya dengan mengirim atletnya tampil di Kejurnas bola tangan indoor dan pantai atau Beach Handball di Jakarta.

Menurut Bregas 13 provinsi yang mengirim timnya tampil di Kejurnas kali ini datang dari Banten, Jawa Barat, Tawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau (Kepri), Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan DKI Jakarta sebagai tuan rumah.

“Kami bersyukur persaingan dalam Kejurnas bola tangan pasir cukup ketat. Kami berharap, persaingan sengit juga terjadi di bola tangan indoor baik putra maupun putri yang mulai digelar Selasa (6/12/2022)” tambah Bregas lagi. (Warso)