HUT DWP DISHUB DKI JAKARTA
Kampanyekan Anti KDRT dan Antisipasi Kenakalan Remaja

0

JAKARTA (Suara Karya): Ratusan perempuan dari berbagai organisasi dilingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar senam zumba dan kampanye kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) serta antisipasi kenakalan remaja di lokasi Car Free Day, Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (11/12/2022). Kegiatan ini adalah bagian dari HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Perhubungan DKI Jakarta ke- 23.

Hadir dalam kegiatan tersebut, adalah Milenial Penggerak Pembangunan (MP2) DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya.

“Harapannya agar masyarakat tetap sehat, anak-anak tidak terjerumus dalam pergaulan negatif, dan semoga sosialisasi ini bisa menekan angka KDRT, menambah pengetahuan masyarakat,” kata Ketua DWP Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nurul Azizah di lokasi acara.

Lebih lanjut Azizah mengatakan, selain sosialisasi, ratusan peserta yang hadir juga ikut larut dalan keseruan senam zumba.

Lebih jauh dia mengungkapkan, terkait kampanye anti KDRT dan antisipasi kenakalan remaja yang saat ini banyak terjadi di tengah kelurga, diharapkan bisa tahu apabila terjadi KDRT atau remaja yang ada keluhan di sekitarnya tahu bagaimana menindaklanjutiya.

“Kalau ada yang mengalami kejadian ini, ibu-ibu bisa langsung menghubungi Polda Metro Jaya di Subdit Remaja Anak dan Wanita (Renakta), atau bisa juga lewat aplikasi Help Renakta yang bisa diunduh lewat telp pintar,” katanya.

Menurut Azizah, KDRT dan kenakalan remaja bisa berawal dari rumah tangga. “Jadi kalau di keluarga ada KDRT atau kenakalan remaja mereka tahu harus mengadu kemana,” kata Azizah.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DWP Provinsi DKI Jakarta Lisniawati Uus Kuswanto mengatakan, ini adalah salah satu rangkaian HUT Dharma Wanita.

“Peserta zumba dan kampanye KDRT ini tidak hanya dari DWP Dinas Perhubungan, tetapi ada dinas-dinas lain yang ikut bergembira di sini,” kata Lisniawati.

Dikatakan Lisniawati, terkait kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap anak dan perempuan yang mereka adakan, salah satunya agar orang tua mengetahui pola asuh anak yang benar itu seperti apa.

Hal ini kata dia, untuk meminimalisasi anak-anak aktif bermain dengan gadget dan lebih diarahkan kepada kegiatan yang lebih edukatif dan sosial termasuk olahraga.

Sekadar informasi, HUT DWP Dinas Perhubungan DKI Jakarta di peringati setiap 7 Desember. Untuk HUT kali ini, tema yang diangkat adalah mengkampanyekan anti KDRT dan mengantisipasi kenakalan remaja. Harapannya, kaum ibu bisa memiliki peranan utama terhadap pola asuh kepada anak.

Selain itu, sebagai perempuan juga harus menjaga diri, etika dan semua yang ada dalam diri kita sendiri minimal buat diri sendiri, keluarga dan masyarakat. (Bayu)