Kantor Pengacara Purwanto Kitung Fokus Tangani Kasus Gugatan Cerai

0

JAKARTA (Suara Karya): Kantor pengacara Purwanto Kitung & Associates menyatakan fokus menangani masalah gugatan perceraian. Harapannya, mereka bisa ikut meminimalisasi angka perceraian yang jumlahnya sangat tinggi di Indonesia.

Ketua Tim Hukum Bidang Perceraian Pratiwi mengatakan, dengan terbentuknya tim khusus tersebut pihaknya akan berupaya mencegah agar tidak putus atau berakhirnya tali pernikahan suami istri.

Selain itu, Pratiwi juga menyebutkan bahwa adanya sebab perceraian dikarenakan faktor ekonomi, kelainan sex, perbedaan budaya, perbedaan pilihan, media sosial, reuni, poligami/poliandri, usia terlalu muda, serta turut campurnya orang tua.

Menurut H Purwanto salah satu pengacara di kantor itu, sebanyak 20-25 perkara gugatan perceraian di wilayah Depok, Jawa Barat dan Jakarta Selatan masuk setiap harinya. Dari jumlah tersebut, hanya 1 persen yang berhasil diselesaikan dengan mediasi.

” Kami akan akan berusaha melakukan mediasi antara penggugat dan tergugat agar tidak terjadi perceraian. Tim pengacara di kantor kami akan melakukan itu, dan memungkinkan pasangan suami istri itu tidak jadi bercerai,” katanya di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Pada kesempatan yang sama, Purwanto Kitung mengatakan pembelaan terhadap kasus gugatan perceraian bisa dilakukan terhadap semua pasangan yang mengalami permasalahan rumah tangga.

“Jadi bukan hanya orang yang punya uang yang kita bela, yang tidak punyapun boleh datang ke kami dan kasusnya akan ditangani secara gratis,” katanya.

Dede Haryandi yang juga pengacara di kantor itu mengatakan, jika mediasi menemui jalan buntu dan pasangan suami istri tetap memutuskan untuk berpisah, mereka akan berupaya adanya perpisahan yang baik dan tidak menyimpan dendam diantara mantan suami dan istri.

“Jangan sampai sesudah bercerai anak kembali menjadi korban. Jadi upaya yang kami lakukan bagaimana kedua belah pihak tetap berkomunikasi dengan baik pasca perceraian,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kantor Pengacara Purwanto Kitung & Associates memiliki 11 pengacara dengan bidang spesialisasi masing-masing. Selain menangani kasus gugatan perceraian para pengacara juga ahli dalam menangani kasus pidana dan perdata. (Bobby MZ)