Kasus Covid-19 Kini Berjumlah 309, Meninggal 25 Orang

0

JAKARTA (Suara Karya): Kasus penularan virus corona (covid-19) di Indonesia hingga 19 Maret 2020 tercatat ada 309 orang. Dari jumlah itu, 15 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 25 orang.

“Temuan baru pasien positif covid-19 hari ini ada 82 orang. Kasus terbanyak ada di DKI Jakarta yaitu 52 orang,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam keterangan pers, di Jakarta, Kamis (19/3/20).

Tentang korban meninggal dunia akibat covid-19, Yuri menyebutkan, terjadi pertambahan kasus baru sebanyak 6 orang dibanding hari sebelumnya. Dengan demikian, hingga jumlah pasien yang meninggal sebanyak 25 orang atau 8 persen dari total pasien yang ada.

Rincian korban meninggal, disebutkan, 17 orang adalah warga DKI Jakarta, Jateng (3 orang), serta Bali, Banten, Jabar, Jatim, dan Sumut masing-masing ada satu kematian. Bentang usia pasien meninggal mulai dari 45 hingga 65 tahun. Ada satu pasien berusia 37 tahun.

“Jumlah korban meninggal terdampak covid-19 saat ini memang terbilang tinggi. Tapi, angkanya kan dinamis dan bergerak terus. Karena kasus baru bisa saja meningkat dengan cepat. Mudah-mudahan kedepan tidak ada pasien covid-19 yang meninggal dunia,” ujarnya.

Selain faktor usia, Yuri menambahkan, penyebab kematian sebagian besar karena penyakit bawaan. Hampir seluruh kasus meninggal karena adanya penyakit pendahulu.

Beberapa penyakit pendahulu, disebutkan, antara lain diabetes, penyakit jantung kronis, hingga penyakit paru obstruksi. “Sebagian besar pasien menderita diabetes, hipertensi penyakit jantung koroner. Beberapa ada yang menderita penyakit paru obstruksi menahun,” tuturnya.

Tentang 309 kasus positif covid-19, Yuri menjelaskan, penderitanya menyebar di sejumlah daerah di Indonesia, yaitu Bali (1 kasus), Banten (27), Yogyakarta (5), DKI Jakarta (210), Jawa Barat (26), Jawa Tengah (12), Jawa Timur (9), Kalimantan Barat (2), Kalimantan Timur (3), Kepulauan Riau (3).

Selain itu, lanjut Yuri, ada juga di Sulawesi Utara (1), Sumatera Utara (2), Sulawesi Tenggara (3), Sulawesi Selatan (2), Lampung (1) dan Riau (2).

Yuri berharap kedepan makin banyak pasien positif covid-19 membaik kesehatannya. Saat ini sudah ada 15 orang yang dinyatakan sembuh dari corona, setelah menjalani dua kali tes. (Tri Wahyuni)