Keberhasilan ‘Local Heroes’ Aruna Dekatkan Nelayan ke Teknologi

0

JAKARTA (Suara Karya): Keberhasilan perusahaan e-commerce, Aruna Indonesia di pasar ikan global berkat keahlian para ‘local heroes’ atau karyawan Aruna di daerah kerjanya masing-masing dalam berkomunikasi dan mendekatkan teknologi kepada nelayan.

“Para ‘local heroes’ ini membuat Aruna dapat meringkas seluruh rantai pasok perikanan Indonesia menjadi lebih efektif dan efisien,” kata Co-Founder & Chief Sustainability Officer (CSO) Aruna, Utari Octavianty dalam siaran pers, Sabtu (20/8/22).

Aruna dikembangkan oleh tiga alumni universitas Telkom Bandung pada 2016 dengan semangat menjadikan laut sebagai sumber mata pencaharian yang lebih baik bagi banyak orang. Selama ini rantai pasok perikanan di Indonesia dinilai terlalu panjang dan tidak efisien.

“Sejak 6 tahun lalu, Aruna menganalisa dan merapikan ekosistem kelautan dan perikanan Indonesia mulai dari hulu hingga hilir. Kami berkomitmen untuk menyajikan produk tangkapan laut Indonesia yang berkualitas, berdaya saing global dan berkelanjutan,” tutur Utari.

Berbagai strategi terus disiapkan Aruna agar dapat melakukan inovasi di setiap lini bisnisnya. Tantangan di setiap proses berbeda-beda, terlebih di hulu proses yakni menghadapi nelayan di lapangan.

“Berinteraksi dengan nelayan yang umumnya berpendidikan rendah bukanlah hal mudah. Karena itu perlu dirancang pendekatan agar kelompok nelayan mau percaya kepada Aruna,” ucapnya.

Untuk itu, Aruna membangun hubungan baik dengan para nelayan Aruna di lapangan melalui local heroes. Mereka adalah nakama atau karyawan Aruna di lapangan yang berhubungan langsung dengan para nelayan Aruna.

“Mereka adalah putra daerah yang bekerja dan menjadi wakil Aruna untuk berinteraksi langsung dengan nelayan. Mereka juga mengajari para nelayan untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan Aruna,” kata Utari.

Para ‘local heroes’ tersebut merupakan pahlawan Aruna di lapangan dan menjadi perpanjangan tangan perusahaan dengan nelayan. Mereka penuh semangat dalam membina, bercengkerama dan membangun relasi yang baik dengan nelayan binaan Aruna di seluruh Indonesia.

“Mereka juga menjadi salah satu contoh generasi muda daerah yang memiliki semangat untuk memajukan daerah mereka sendiri,” tutur Utari. (Tri Wahyuni)