Kecamatan Pesanggrahan Gandeng STP Trisakti Berdayakan Masyarakat

0

JAKARTA (Suara Karya): Kecamatan Pesanggrahan menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti dalam program pemberdayaan masyarakat.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati dengan Camat Pesanggrahan, Hartono Abdullah, di Kantor Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (12/12/22).

Hadir dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua III STP Trisakti, Ismeth Emier Osman, Kepala Kerjasama STP Trisakti, Tri Djoko Sulistyo, Kasubag Humas dan Sekretariat, Triana Rosalina Dewi, Wakil Camat, Putut Linangkung dan Sekretaris Camat, Manaek Fernando

Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati dalam sambutannya mengaku bangga kampus menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Pesanggrahan. Hal itu selaras dengan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

“Kami sambut ajakan kerja sama dari Kecamatan Pesanggrahan, karena hal itu selaras dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Semoga kerja sama ini akan memberi hasil yang maksimal,” ujarnya.

Dijelaskan, STP memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) yang akan membantu masyarakat Kecamatan dalam bidang kuliner, termasuk didalamnya pengembangan produk, kemasan hingga pemasaran.

“Pelatihan tersebut akan diberikan kepada ibu para rumah tangga yang ingin buka usaha atau bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ingin memperbaiki produknya. Termasuk teknik pemasaran dengan menggunakan teknologi,” ujarnya.

Bagi kalangan muda, lanjut Fetty, pihaknya punya program pelatihan barista. Keterampilannya itu bisa digunakan untuk bekerja atau membuka usahanya sendiri.

“Trend kopi kekinian saat ini membutuhkan banyak barista. Ini bisa menjadi peluang kerja yang bagus. Selain juga bisa menjadi bekal bagi peserta yang ingin buka kedai kopi sendiri,” tutur Fetty.

Tawaran mahasiswa STP Trisakti melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Pesanggrahan, hal itu akan jadi bahan pertimbangan. Karena pengabdian terhadap masyarakat bisa dilakukan di daerah mana saja, termasuk sekitar kampus.

Camat Pesanggrahan, Hartono Abdullah mengaku senang atas rencana kerja yang akan dilakukan STP Trisakti kepada warganya. Diharapkan ilmu tersebut dapat membuat warganya makin berkualitas.

“Jika selama ini warga cuma bisa melihat dinding kampus, nantinya bisa bersentuhan langsung dan membahas program pemberdayaan yang akan dilakukan bersama. Kampus tak lagi menjadi menara gading, tetapi bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Hartono menandaskan. (Tri Wahyuni)