Suara Karya

Kejar Akses Pendidikan di Wilayah Terluar, UPER Luncurkan Beasiswa Ujung Negeri

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Pertamina (UPER) bekerja sama Pemerintah Kabupaten Natuna meluncurkan Beasiswa Ujung Negeri. Beasiswa tersebut untuk memberi akses kepada anak bangsa yang berada di wilayah terluar dan terdepan Indonesia.

Kerja sama itu ditandatangani Wakil Rektor Bidang Akademik UPER, Budi W Seotjipto, PhD dan Bupati Natuna, Wan Siswandi, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Budi menjelaskan, 3 jenis beasiswa yang akan diterapkan dalam kerja sama melalui skema pendanaan tunggal dari UPER dan pendanaan bersama dari UPER dan Pemkab Natuna.

Beasiswa dengan skema pendanaan tunggal dari UPER memiliki dua jenis, yaitu Beasiswa Ujung Negeri dan Beasiswa Generasi Juara. Kedua beasiswa itu memiliki manfaat pembebasan biaya SPI dan SPP sebesar 50-100 persen.

Selain itu, para penerima beasiswa juga akan mendapat uang saku dan kesempatan untuk tinggal di asrama lewat pendanaan bersama. “Beasiswa ini merupakan bagian dari pemberdayaan generasi muda di Kabupaten Natuna,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Natuna merupakan salah satu daerah penghasil migas terbesar di Indonesia. Merujuk data dari SKK Migas pada 2021, Natuna mampu memproduksi minyak bumi sebanyak 17.449 barrel per hari dan gas bumi sebesar 396 juta MMSCFD.

Bupati Natuna, Wan Siswandi memberi apresiasi atas beasiswa yang diberikan UPER. Sehingga terbuka yang seluas-luasnya bagi anak muda di Natuna untuk kuliah di perguruan tinggi.

“Kerja sama ini semoga bisa meningkatkan jumlah angkatan kerja di Kabupaten Natuna sesuai potensi daerah di bidang industri migas,” ucap Wan Siswandi.

Salah satu mahasiswa penerima bantuan Beasiswa Generasi Juara (BGJ) tahun akademik 2022/2023 asal Kabupaten Natuna, Sandi Pamungkas mengaku senang bisa kuliah di UPER. Mahasiswa Program Studi Ekonomi itu bahkan menorehkan prestasi lewat gelaran kompetisi yang diikuti.

“Berkat BGJ, saya bisa menempuh pendidikan di kampus dengan staf pengajar yang luar biasa. Tak saja didukung, saya mendapat fasilitas pembekalan yang komprehensif sehingga bisa kompetisi dengan baik,” katanya.

Pendaftaran beasiswa Ujung Negeri dan Generasi Juara dibuka sejak 9 Mei dan ditutup pada 9 Juni 2023. Pengumuman seleksi pada 30 Juni 2023 mendatang. (Tri Wahyuni)

Related posts