Kelas Barista Gen-Z, Cara Ganjartivty Dorong Peningkatan Skill Generasi Muda dan Buka Lapangan Kerja

0

BANDUNG (Suara Karya): Ganjartivity selaku sukarelawan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang berasal dari alumni muda Unpad, ITB, UPI mengadakan kegiatan Pelatihan Barista untuk Gen-Z.

Dalam kegiatan itu, Ganjartivity menggandeng pegiat kopi Jawa Barat, Fey Sapta di Sinopsis Space, Jalan Ria No 9, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (15/11).

Kelas Barista itu di inisiasi oleh Ganjartivity sebagai bentuk upaya pelatihan dan peningkatan skill anak-anak muda generasi zilenial Kota Cimahi dan Bandung Raya.

Kagiatan yang dihadiri ratusan peserta itu sekaligus sebagai ajang edukasi kepada anak-anak muda tentang potensi kopi Jawa Barat yang mendunia.

Fey Sapta selaku narasumber menjelaskan varietas jenis kopi unggulan Jawa Barat yang diakui dunia, sekaligus mengajarkan bagaimana proses penyeduhan dan penyajian yang terbaik dan punya nilai dimata costumer.

Ganjartvity selaku penyelenggara acara menilai bahwa kelas Barista ini sejalan dengan visi Ganjar Pranowo- Mahfud MD untuk mempercepat pembangunan berdikari dan pembangunan sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan berkepribadian.

“Kelas barista adalah upaya kami menyelaraskan visi Pak Ganjar dan Pak Mahfud tentang peningkatan sumber daya manusia yang unggul yang mampu mempercepat roda pembangunan nasional lewat skill dan kewirausahaan,” kata Ketua Ganjartivity Dicky Fauzia dalam siaran persnya.

Pelatihan itu dirancang Ganjartivity untuk memberdayakan individu dengan keterampilan praktis dalam seni penyeduhan kopi, yang merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan signifikan di Indonesia.

Program itu bukan hanya tentang meracik secangkir kopi yang sempurna, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang industri kopi secara keseluruhan, termasuk aspek ekonomi dan bisnis yang terkait.

Fey Sapta selaku narasumber Kelas Barista Gen- Z menekankan pentingnya peningkatan skill gen-Z sekaligus upaya melestarikan alam dalam pembangunan berkelanjutan “Human save coffee, coffee save forest,” ujar dia.

Menurutnya anak muda harua memiliki value, agar proses hidup menjadi lebih baik dalam menjaga alam yang berkelanjutan dan kopi adalah upaya menjaga kelestarian hidup dan lingkungan.

Lewat program ini Ganjartivity berharap mampu berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal. Para barista yang terlatih dapat membantu meningkatkan daya tarik wisata kuliner, memperkuat industri kopi lokal, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Program pelatihan barista itu mencerminkan komitmen Ganjar Pranowo untuk membawa perubahan positif melalui pendekatan inklusif yang berfokus pada peningkatan keterampilan dan menjaga peluang ekonomi kepada seluruh masyarakyat Indonesia. (Wis)