Kemdikbud Serahkan Bantuan APD ke RS Pendidikan Unair dan UGM

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali kirim bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah rumah sakit (RS) milik perguruan tinggi negeri (PTN) untuk penanganan corona virus disease (Covid-19). Bantuan kali ini diberikan kepada Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Bantuan yang dikirim hari ini berupa baju hazmat atau hazardous material suit sebanyak 1500 unit untuk RS Pendidikan Unair, 1.000 unit untuk RS Akademik UGM dan 500 unit untuk Fakultas Kedokteran UGM,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesdirjen Dikti), Paristiyanti Nurwardani dalam siaran pers, Jumat (24/4/20).

Dijelaskan, pengiriman baju hazmat merupakan salah satu komitmen Kemdikbud dalam melawan pandemi covid-19. Pengadaan baju tersebut oleh Ditjen Dikti, namun pengiriman oleh Biro Umum dan Pengadaan Kemdikbud selaku Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (Seknas SPAB).

“Ini bagian dari sinergi antar unit kerja di Kemdikbud untuk bersama memerangi pandemi,” ucap Paris.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Nizam mengatakan, bantuan baju hazmat untuk 2 rumah sakit pendidikan dan FK UGM merupakan bentuk nyata atas refocussing anggaran di Kemdikbud untuk penanganan covid-19 sebesar Rp405 milyar.

Pengiriman APD ke Unair, UGM dan FK UGM merupakan tahap kedua dari program bantuan tersebut. Sebelumnya, bantuan APD berupa 2000 unit baju hazmat, 2000 unit pelindung muka (face shield) dan 466 unit sepatu bot dikirim ke RS Pendidikan Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran. (Tri Wahyuni)