Kemdikbudristek Beri Tambahan Bantuan Kuota Data untuk Desember

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) akan menyalurkan tambahan bantuan kuota data internet untuk Desember 2021. Tambahan tersebut didasari penerapan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atas Instruksi Menteri Dalam Negeri.

“Tambahan bantuan kuota di bulan Desember untuk mendukung proses pembelajaran yang berlangsung kombinasi antara tatap muka terbatas dan pendidikan jarak jauh,” kata Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam siaran pers, Rabu (9/12/21).

Bantuan kuota data internet tambahan akan disalurkan secara bertahap mulai 11 hingga 15 Desember 2021. Kuota tersebut berlaku selama 30 hari terhitung sejak diterima.

Penyesuaian jumlah kuota data pada periode tambahan ini, disebutkan, untuk peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat kuota data 3 gigabite (GB) per bulan. Untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dapat kuota data 4 GB per bulan.

Untuk guru jenjang PAUD Dikdasmen, nahasiswa dan dosen mendapat tambahan bantuan kuota data 5 GB per bulan. Sisa kuota yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus.

“Karena itu, gunakan kuota seoptimal mungkin untuk mengakses materi belajar yang tersedia baik di portal Rumah Belajar atau berbagai kanal edukasi lainnya,” ucap Mendikbudristek.

Penyaluran Bantuan Kuota Data Internet tambahan pada Tahun 2021 diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Nomor 4 Tahun 2021.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) M Hasan Chabibie mengatakan, nomor ponsel yang dimutakhirkan dan sudah dipertanggungjawabkan dalam Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) pada November akan otomatis menerima tambahan bantuan paket data di Desember.

“Tambahan bantuan kuota Desember akan langsung disalurkan ke nomor ponsel yang sudah dapat pada November 2021,” tuturnya.

Keseluruhan tambahan bantuan kuota merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. (Tri Wahyuni)