Kemdikbudristek Gelar Porseni Politeknik 2022 di Banjarmasin

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Politeknik di kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan pada 14-20 Juli 2022.

Mengusung tema ‘Spirit of Unity’, kegiatan tersebut menjadi titik kulminasi kegiatan olah raga dan seni untuk meningkatkan prestasi olahraga dan seni mahasiswa politeknik se-Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemdikbudristek, Kiki Yuliati mengatakan, Porseni tak hanya menyiapkan generasi bangsa yang kompeten, tetapi juga sehat agar bisa berkontribusi terhadap pembangunan nasional.

“Kegiatan ini juga bisa menguatkan jalinan persaudaraan sebangsa dan setanah air,” kata Kiki secara daring, Kamis (14/7/22).

Melalui pengalaman mengikuti Porseni, Kiki Yuliati yakin, mahasiswa Politeknik akan menjadi lebih sehat dan berdaya saing tinggi guna menyongsong masa depannya. Mahasiswa juga bisa membangun jejaring dengan mahasiswa politeknik se-Indonesia.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Ditjen Diksi, Beny Bandanadjaja dalam sambutannya mengatakan, Porseni Politeknik se-Indonesia menjadi ajang berkompetisi, meningkatkan prestasi sekaligus mengasah keterampilan nonteknis (softskill).

“Hal itu sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbudristek untuk menghasilkan mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan berani menjawab tantangan masa depan,” ucapnya.

Beny berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga sportivitas dan menguatkan kekompakan, sesuai tema Porseni yaitu ‘Spirit of Unity’. Semua itu demi menjadikan vokasi kuat dan menguatkan Indonesia.

Direktur Poliban Banjarmasin, Joni Riadi mengatakan tema itu diusung dengan harapan mampu membawa semangat dan tekad untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan antarpoliteknik.

“Prestasi dan medali bukan tujuan akhir kegiatan, yang paling penting adalah persatuan dan soliditas seluruh Politeknik se-Indonesia untuk memberi yang terbaik kepada bangsa dan negara,” kata Joni.

Joni juga berharap Porseni akan membentuk karakter mahasiswa vokasi yang unggul, penuh semangat, dan sportivitas tinggi. Insan yang mampu menjawab tantangan zaman dengan daya kreatif dan inovatif yang dilandasi mentalitas sesuai nilai-nilai budaya bangsa.

Porseni Politeknik se-Indonesia secara resmi dibuka Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, di GOR Hasanuddin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (14/7/32). Porseni merupakan ajang kompetisi dua tahunan.

Porseni ke-13 diikuti 50 kontingen yang terdiri atas mahasiswa dan pendamping sebanyak 2.500 orang. Ada 15 cabang olahraga dan 6 bidang seni yang dikompetesikan.

Ke-15 cabang olahraga itu adalah voli dalam ruangan, futsal, taekwondo, karate, pencak silat, panjat dinding, atletik, bola basket, bridge, bulu tangkis, catur, kempo, olahraga elektronik (e-sport), tenis meja, dan bola voli pasir. Sedangkan 7 cabang seni adalah fotografi, kaligrafi, karikatur, monolog, puisi, bernyanyi solo, dan monolog (stand up).

Arena pertandingan dilaksanakan juga di luar kampus, seperti GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, lapangan sepakbola Demang Lehman Martapura Kabupaten Banjar, Lapangan SKB Banjarmasin dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. (Tri Wahyuni)